Budidaya Ikan Lele Dengan Modal 2 Jutaan

October 24, 2018

Industri perikanan saat ini kian digemari oleh masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang berlatarbelakang sebagai nelayan atau petambak, masyarakat biasa juga mulai terjun untuk melakukan usaha yang sama.

 

Saat ini, ikan lele merupakan ikan yang paling menarik minat masyarakat untuk melakukan pembudidayaannya. Mengingat ikan lele memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh jenis ikan lainnya, antara lain adalah ikan lele memiliki kemampuan pertumbuhan yang lebih cepat, mampu hidup di segala jenis air, sekalipun itu air keruh dengan kesediaan oksigen yang minim, serta akses penjualan yang mudah.

Sumber: farmflavor.com

 

Budi daya ikan lele sendiri tentu menelan biaya yang tidak sedikit, namun dapat diminimalisir dengan beberapa trik. Hal ini tentu sangat cocok bagi masyarakat awal yang ingin terjun ke usaha tersebut.

 

Trik yang dimaksud tadi adalah dengan memanfaatkan kolam terpal. Kelebihan kolam terpal dalam usaha budi daya ikan lele adalah kolam terpal dapat dibangun dengan mudah, cocok pada daerah yang kurang air, suhu pada air akan tetap stabil dan proses pemanenan yang mudah.

 

Adapun analisa usaha budi daya ikan lele dengan kolam terpal adalah sebagai berikut:

 Sumber: okezone.com

 

Dengan trik tersebut, dapat diasumsikan pendapatan untuk per bulannya adalah jika total panen lele sebesar 500 kg dengan persentase mati sebesar 10% dikali dengan harga pasaran lele per kilonya, yaitu Rp 10.000,- maka total pendapatan adalah Rp 5.000.000,-.

 

Untuk keuntungan bersihnya adalah pendapatan total dikurang biaya operasional bulanan + modal awal: Rp 5.000.000 – Rp 2.050.000 = Rp 2.950.000,-.

 

Itu hanya untuk keuntungan awal saja, untuk bulan berikutnya bisa saja mendapatkan keuntungan yang lebih besar mengingat tidak perlu dilakukan pembuatan kolam baru. Harga jual ikan lele juga berbeda setiap kota, hal ini juga tentu akan memengaruhi keuntungan yang didapat.

 

Semoga artikel tentang budi daya ikan lele dengan modal 2 jutaan ini dapat bermanfaat.

 

 

Baca Juga:

1. Ikan Limbat, Saudara Lele yang Miliki Banyak Manfaat

2. Salmon, Ikan dengan Kulit Paling Bergizi di Dunia

3. Begini Ciri-ciri Ikan Mengandung Formalin

4. Beberapa Ikan Laut yang Berpotensi Tingkatkan Budidaya Laut Indonesia

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon