Kincir Air Pada Tambak Udang

February 27, 2018

Peternakan udang sebagai ekosistem air buatan dan tertutup sangat membutuhkan perawatan teknis budidaya yang dapat merangsang proses fisika, kimia dan biologi untuk menyeimbangkan ekosistem perairan. Keseimbangan ekosistem kolam tambak diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi udang seperti pada ekosistem alami.

 

Salah satunya berarti memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kondisi perairan tambak (terutama pada budidaya udang skala intensif) seperti yang disebutkan di atas adalah kincir air.

 

 

 

Pemahaman dasar yang berkaitan dengan peran dan fungsi kincir air pada operasi tambak udang sangat dibutuhkan, sehingga kincir air bisa memainkan peran optimal. Pemahaman yang tidak memadai tentang kincir air hanya akan memungkinkan kincir air sebagai aksesori untuk kolam. Dalam pelaksanaannya, ada banyak model waterwheel yang dikeluarkan oleh produsen (dalam pembahasan ini tidak akan dijelaskan pengetahuan yang berkaitan dengan model dan spesifikasi teknis dari kincir air).

 

Pada dasarnya fungsi kincir air dalam operasi tambak udang adalah sebagai berikut:

 

  • Sebagai pemasok oksigen di perairan tambak. Seperti yang dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya bahwa di perairan kolam, kebutuhan oksigen ekosistem telah dipasok oleh fitoplankton, namun kebutuhan oksigen tidak akan cukup untuk biota dan proses yang terjadi di dalamnya. Oksigen di perairan tambak tidak hanya diperlukan dalam proses pernafasan tetapi juga proses fisik, kimia dan biologi yang terjadi di perairan ini. Keberadaan kincir air di kolam ini diharapkan bisa membantu dan mengantisipasi terjadinya kekurangan oksigen yang bisa terjadi pada saat tertentu di perairan.

 

  • Membantu dalam proses pencampuran karakteristik antara perairan kolam atas dan bawah. Sebagai air statis dan ketinggian tertentu, maka perairan tambak jika dalam kondisi diam akan memiliki karakteristik yang berbeda antara lapisan atas dan lapisan bawah. Perbedaan karakteristik perairan ini, jika tidak segera diantisipasi membahayakan kehidupan udang yang ada di dalamnya. Pengoperasian kincir ini diharapkan dapat membantu mengantisipasi perbedaan yang signifikan antar lapisan tambak, sehingga kualitas airnya relatif sama di antara kolam.

 

  • Membantu dalam proses pemupukan air. Kegiatan pemupukan air dilakukan sebagai upaya untuk membangun kualitas air yang berkaitan dengan transparansi air dan warna air tambak dengan merangsang pertumbuhan fitoplankton kearah yang lebih stabil. Pengoperasian kincir ini diharapkan bisa membantu proses penyaluran pupuk secara merata di perairan tambak sekaligus merangsang pertumbuhan plankton melalui oksigen yang dihasilkannya.

 

  • Membantu mengarahkan kotoran dasar tambak ke pembuangan pusat, sehingga memudahkan proses pembersihan dasar tambak. Fungsi kincir air dalam hal ini terkait erat dengan tata letak kincir air di dalam kolam. Pada saat pengoperasian kincir air, air yang dihasilkan dapat berfungsi sebagai indikator stabilitas kualitas air di dalam kolam.

 

Pembahasan terkait peran dan fungsi kincir air seperti penjelasan di atas diharapkan dapat memberikan pemahaman dasar tentang waterwheel agar operasi dapat berfungsi optimal dan tidak hanya menjadi aksesori tambak udang.

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon