Peluang Bisnis Budidaya Ikan

January 29, 2018

Budidaya perikanan terutama jenis  ikan menyumbang lebih dari 50% pasar dunia untuk produk ikan, budidaya ikan adalah salah satu dari banyak cara untuk menciptakan wirausaha di indonesia  walaupun sebelumnya budidaya ikan ini adalah salah satu aspek yang kurang diminati di indonesia untuk dijadikan usaha.

 

Ini adalah fakta bahwa ada banyak potensi yang menghasilkan uang di sektor perikanan yang belum banyak dimaksimalkan oleh masyarakat di indonesia. Hal ini sebenarnya tidak hanya tumbuh untuk sektor perikanan saja, namun juga berkontribusi pada upaya pemberantasan pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi indonesia.

 

Budidaya ikan adalah bisnis yang menguntungkan yang tersebar luas di indonesia  dan banyak negara lain di dunia.

 

 

Produk perikanan adalah salah satu yang paling banyak diminati dan dikonsumsi, di indonesia harganya lebih murah daripada daging, yang menjadikannya makanan yang terjangkau.

 

Biaya memulai dan menjalankan budidaya ikan lebih rendah, dibandingkan dengan banyak gagasan bisnis pertanian lainnya. Penggalian kolam ikan dan semua langkah penting lainnya dapat dilakukan oleh anda sendiri dan teman anda, tidak perlu membayar tenaga kerja manual.

 

Budidaya perikanan ini memiliki anggaran operasional yang lebih rendah karena pakannya lebih murah, dan pembangunan kolam ikan juga hanya membutuhkan area tanah di halaman belakang anda, yang tidak terlalu luas cukup hanya dengan areal 7x10 m maka pembudidayaan secara sendiri sudah dapat anda lakukan.

 

Selain itu, memulai budidaya ikan menyediakan sumber pendapatan dan pekerjaan. Serta budidaya ikan membantu menyelamatkan spesies ikan tertentu dari kepunahan dengan menghidupkan kembali populasi mereka dengan akuakultur.

 

Persyaratan Budidaya Ikan lainnya:

 

  • Pasokan air (Anda dapat mengambil dari sungai terdekat).

  • Kolam kolam (Kolam tanaman membantu dalam mengatur suhu kolam dan membuat kolam terlihat mirip dengan habitat aslinya), jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengidentifikasi tanaman kolam ini, Anda dapat memilih dari kolam ikan terdekat.

  • Semen (untuk pembangunan kolam)

  • Namun, sementara usaha pertanian lainnya mengalami kerugian jika tidak ditangani dengan baik, produk pertanian ikan memiliki ancaman yang lebih rendah.

 

Cara Membuat Kolam

 

Anda cukup membuat lubang 7 x 10 m pada area yang ditentukan, sekitar 2 sampai 5 kaki kedalamnya dan menutupi dengan campuran semen, pasir, dan kerikil (hal ini dilakukan untuk mencegah air bocor ke tanah sekitarnya).

 

Kemudian isi dengan air (sangat perlu mengisi dan menguras kolam sekitar dua sampai empat kali untuk menghilangkan bahan kimia yang menyertai semen). Biarkan kolam untuk jangka waktu seminggu atau lebih sebelum memasukan bibit.

 

Selain dari keuntungan finansial budidaya ikan, produk perikanan merupakan sumber protein yang berkontribusi terhadap kesehatan fisik kita.

 

Ada berbagai jenis budidaya ikan tergantung pada yang ingin anda budidayakan:

 

Budidaya Ikan Lele

 

Ini adalah usaha budidaya ikan yang paling diminati di indonesia, karena popularitasnya berkembang biak. Selain itu, ikan lele adalah produk perikanan yang paling umum digunakan dalam menu makanan indonesia baik itu untuk makanan  rumah tangga, restoran, acara, hotel dan banyak lagi. Permintaan dan kemudahan budidaya membuat sebagian besar petani ikan fokus pada pengembangan ikan lele dan bukan jenis ternak lainnya.

 

Budidaya Ikan Nila

 

Ini adalah ikan terpopuler kedua yang digunakan dalam makanan indonesia. Ikan nila semakin populer  dalam budidaya ikan di seluruh dunia karena fakta bahwa ikan-ikan ini tumbuh dengan cepat dan mentolerir kepadatan penebaran yang tinggi dan kualitas air yang buruk, dan ini membuat berkembang biak menguntungkan bagi para petani ikan untuk tumbuh.

 

Dan beberapa jenis ikan untuk dibudidayakan lainnya yang juga termasuk sangat populer dikalangan pembudidaya ikan seperti ikan patin, ikan gurame dll.

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon