Bisnis Udang Yang Menguntungkan Dari Rumah

January 29, 2018

Usaha budidaya udang berbasis rumah bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Ini juga memastikan diet organik yang sehat untuk anda, teman dan keluarga!

 

Udang adalah makanan enak dan sehat yang dianggap komoditas berkualitas tinggi. Jika mau, anda bisa menumbuhkan udang dengan mudah di rumah dengan sistem berbasis rumah yang bisa sangat menguntungkan, dengan nol limbah, dan dengan input minimal. Kami akan memberi anda beberapa alat sederhana yang dapat anda gunakan untuk memulai ini jika anda menginginkannya, kami sangat merekomendasikannya!

 

 

Budidaya udang merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Karena ini merupakan usaha yang bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan jutaan rupiah dan kabar menggembirakannya adalah ketika memulai budidaya udang anda bisa masuk ke peternakan udang pada skala apapun, langsung dari rumah anda. Jadi apa lagi yang anda tunggu? Tapi hal terpenting, jika anda berpikir ingin menjadi petani udang yang profesional, anda mungkin harus mulai mempertimbangkan untuk membeli beberapa lahan dan mengumpulkan sejumlah besar modal, dan memulai usaha budidaya udang komersial anda sendiri, karena hal tersebut menjadi sangat penting bila anda ingin menghasilkan keuntungan budidaya udang dalam skala yang lebih besar.

 

Budiaya Udang Berbasis Rumah

 

Jika anda berencana untuk membudidayakan udang di rumah dari mulai benih, anda dapat melakukannya dengan berbagai cara. Jika anda memiliki kolam renang yang tidak anda gunakan lagi, kolam halaman belakang atau bahkan bak besar, anda bisa menggunakannya untuk budidaya udang. Anda bahkan tidak memerlukan halaman belakang yang besar untuk berada dalam usaha besar ini, bak kecil atau wadah juga bisa menampung sejumlah besar udang. Ini akan tergantung pada berapa banyak dan ukuran udang anda, jadi pastikan anda jelas mengenai ukuran udang dan seberapa besar anda menginginkan proyek anda.

 

Jadi, pertimbangkan untuk belajar lebih banyak tentang hal berikut:

 

  • Merancang peternakanmu.

  • Pilih yang tepat jenis udang yang cocok untuk lokasi anda.

  • Sumber bibit udang anda.

  • Dapatkan perkiraan biaya anda.

  • Pelajari tentang memberi makan udang anda.

  • Pelajari cara menghilangkan predator dan patogen.

  • Pelajari tentang patogen dan penyakit.

  • Belajarlah untuk menjaga kualitas air yang optimal.

  • Belajar memasarkan hasil budidaya udang anda.

 

Bahkan jika ingin meningkatkan udang untuk konsumsi anda sendiri dan ingin memulai dari yang kecil, saya akan mendorong anda untuk melakukannya, dengan cara ini anda bisa merasakan seperti apa rasanya. Anda tidak benar-benar harus memulai peternakan udang dalam skala besar; Anda selalu bisa mulai kecil dan berkembang saat anda belajar lebih banyak. Kami akan membahas beberapa poin di sini sebentar, namun anda perlu mengumpulkan lebih banyak informasi mengenai tambak udang sebelum memulai, terutama jika anda ingin menjadi petani komersial.

 

BudidayaTambak Udang

 

Merencanakan dan Merancang Peternakan Udang Anda:

 

Sebagian besar petani udang menggunakan kolam untuk memelihara udang . Namun, seperti yang telah dibahas sebelumnya, anda bisa memulai peternakan anda di basement anda di bak mandi, wadah, atau kolam renang lama yang tidak anda gunakan lagi. Pertimbangkan berapa banyak modal, waktu dan sumber daya yang ingin anda gunakan, dan rencanakanlah sebelum memulai. Pergilah ke tempat-tempat di rumah anda dan lihat apakah anda memiliki ruang yang berpotensi menjadi kolam untuk udang anda.

 

Mencari Bibit Udang:

 

Anda harus tahu jenis bibit udang  apa yang bisa didapat dan di mana mendapatkannya, ini adalah bagian mendasar dari awal yang solid untuk peternakan anda sehingga bersihkan apa yang anda bidik. Cari hatchery di daerah anda atau mungkin peternakan udang setempat dapat membantu anda dengan udang starter.

 

Kualitas air:

 

Kualitas air uji air anda untuk racun, bahan kimia terlarut atau zat atau patogen. Jika anda mempertimbangkan untuk membudidayakan udang dalam ruangan, persediaan air rumah anda mungkin akan baik-baik saja dan itu akan menghilangkan banyak masalah seperti predator dan patogen. Pastikan untuk mengikuti langkah ini karena kualitas udang anda sangat bergantung pada hal ini.

 

Tambahkan Aerator:

 

Sebagian besar tambak udang membutuhkan aerasi agar airnya beroksigen dan bertahan dalam kondisi prima. Aturan praktisnya adalah setiap kali anda memberi makan udang, anda harus menambahkan oksigen. Ada beberapa metode untuk ini, kincir air adalah metode aerasi yang paling umum, namun air mancur juga merupakan cara aerasi yang berguna dan menarik. Temukan yang paling sesuai untuk anda dan lakukanlah.

 

Memberi Makan Udang Anda:

 

Berikan makan udang dua kali sehari, mereka bisa makan berbagai makanan pelet atau makanan komersial. Namun, jika kolam anda seimbang secara ekologis, mereka dapat memakan sejumlah hal yang tumbuh di kolam seperti alga, larva, plankton, dll.

 

Panen & Pemasaran Udang Anda:

 

Anda perlu mengetahui waktu dan metode pemanenan yang tepat. Jika anda menghasilkan cukup udang untuk memasarkannya demi keuntungan, itu bisa menjadi sumber pendapatan yang baik. Anda akan menemukan bahwa kualitas yang baik, peternakan organik mengangkat udang sangat diminati dan dijual dengan harga terbaik di seluruh dunia. Cobalah untuk membuat titik jual langsung di sekitar peternakan atau di rumah. Juga pemasaran langsung ke bisnis terdekat, restoran, atau pasar petani akan menguntungkan. Anda juga bisa menggunakan sumber online untuk pemasaran. 

 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon