Tips Memberi Pakan Pada Ikan

January 25, 2018

Salah satu pertanyaan pertama yang sering ditanyakan oleh pembudidaya ikan adalah "berapa banyak saya memberi makan ikan?". Pertanyaan yang lebih tepat adalah "bagaimana cara memberi makan ikan yang baik?". Bagian tentang jumlah pemebrian makanan paling baik dijawab oleh ikan itu sendiri, karena mereka akan memberi tahu anda kapan mereka sudah cukup dan kehilangan selera makan.

 

Memberi makan ikan dikolam ataupun tambak berbeda dengan memberi makan jenis hewan peliharaan lainnya,Tapi kebanyakan pelaku pembudi daya tambak yang baru mulai cenderung memperlakukan waktu makan untuk ikan seperti jenis hewan peliharaan lainnya seperti burung, kelinci, kucing, atau anjing. Bagi sebagian besar hewan peliharaan, anda bisa mengisi tempat makan dan berjalan pergi, hewan itu akan memakan apa yang ingin dimakannya, kapan ia ingin makan, dan anda sudah selesai. Sebagai catatan, bahkan untuk jenis ikan bukanlah praktik pemberian makanan terbaik, atau yang saya rekomendasikan.

 

 

 

Satu hal yang berbeda dari ikan dengan hewan peliharaan lainnya adalah mereka akan makan apa yang mereka butuhkan dan kemudian mereka selesai. Jika anda telah membuang terlalu banyak makanan ikan akan mengabaikannya, tapi kemudian makanan berlebih ini tidak memiliki tempat untuk pergi, ia tetap berada di kolam dan menjadi limbah. Makanan berlebih cepat rusak dan mulai menurunkan kualitas air, menaikkan kadar gizi (yang sangat bagus untuk pertumbuhan alga), mengubah warna air, menciptakan bau, mendorong lalat untuk berkeliaran di sekitar kolam, dan menciptakan perawatan untuk pemilik kolam karena sisa limbah makanan ini. Dibutuhkan alat untuk membersihkanya seperti turbojet aerator.

 

Untuk melemparkan makanan ke ikan dan berjalan pergi bukanlah praktik yang baik. Ingat, ikan tidak makan lagi, ketika kita berlebihan memberikan pakan (overfeeding). Overfeeding pada sebuah kolam hanya akan membuat kondisi yang buruk, mungkin mematikan, untuk ikan tambak anda. Jadi, dengan pemahaman bahwa praktik pemberian makan yang buruk dapat menghasilkan hasil yang merugikan, marilah kita bahas bersama mengenai beberapa tips pemberian makanan:

 

  • Saat memberi makan ikan, luangkan waktu anda, setidaknya beberapa menit. Jangan memberikan makanan dan pergi. Waktu memberi pakan memungkinkan anda terhubung dengan ikan Anda, dan mengamati mereka untuk melihat bagaimana kesehatan mereka.

  • Berikan porsi kecil, biarkan mereka memakan semuanya, dan berikan porsi kecil lagi sampai mereka melambat atau tidak menunjukkan minat untuk diberi makan. Perhatikan berapa banyak yang mereka makan sehingga anda dapat porsi memberi pakan berikutnya.

  • Jangan membuang lansung makanan ke ikan, anda mengajari mereka untuk menjauh dari anda saat makan. Berikan makanan di dekat tepi kolam tempat anda berdiri sehingga mereka menghubungkan kehadiran anda dengan makanan.

  • Cobalah untuk memiliki "stasiun makan" untuk anda sendiri dan tawarkan makanan dari daerah itu. Ini juga akan melatih ikan untuk mengasosiasikan kehadiran anda dengan hadiah makanan.

  • Jika Anda memiliki sistem skimmer di kolam anda cobalah memilih tempat makan dari skimmer, air lambat adalah area makan terbaik.

  • Jangan memberi makan ikan dua kali lebih banyak ketika mungkin anda akan pergi keluar kota, karena mereka tidak tahu anda akan pergi ke luar kota dan tidak akan makan dua kali lebih banyak karena besok mereka tidak akan diberi makan.

  • Jika anda memiliki seseorang yang datang untuk memberi makan ikan anda saat anda bepergian, pastikan anda melakukan pra-porsi makanan untuk perawat yang dipekerjakan, dan buat porsi lebih kecil dari biasanya.

  • Perlu diingat bahwa ikan memakan makanan dalam jumlah yang berbeda pada waktu yang berbeda sepanjang tahun. Berapa banyak ikan yang makan di bulan mei akan sangat berbeda dengan berapa banyak mereka makan pada bulan september sesuaikan makanan sesuai kebutuhan.

  • Di iklim yang lebih dingin, jangan memberi makan ikan anda begitu suhu air telah berkisar sekitar 52 F, ikan tidak akan memetabolisme/mencerna makanan dengan benar dan hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan.

 

Kebiasaan makan yang tepat untuk ikan tambak anda akan menghasilkan ikan yang lebih sehat dengan tingkat pertumbuhan yang baik dan warna yang lebih bagus. Kebiasaan makan yang baik juga akan mengarah pada kolam mencari lebih sehat, air bersih, dan pemeliharaan yang jauh lebih sedikit.

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon