Cara Mudah Memulai Usaha Perikanan

January 25, 2018

Usaha budidaya ikan atau usaha berbasis ikan dapat dengan mudah menghasilkan jumlah uang yang baik. Bahkan jika anda bukan petani ikan tradisional, anda dapat dengan mudah memperoleh penghasilan tetap dari rumah anda, dengan menggunakan teknik budidaya ikan akuakultur . Ikan semakin populer sebagai sumber protein, dan dengan mudah bisa memberi makan keluarga kecil dengan biaya atau overhead yang sangat sedikit. Ada juga manfaat lain dari budidaya ikan yaitu anda bisa menggunakan limbah dari dapur untuk memberi makan ikan anda, dan jika anda memiliki kebun, anda juga bisa menggunakan limbah dari ikan anda sebagai pupuk untuk kebun anda.

 

Memulai segala jenis usaha membutuhkan pengetahuan dan pengalaman di bidang terkait. Jika anda baru mengenal bisnis budidaya ikan, mungkin ide bagus untuk memulai pengalaman dari kecil dan mengumpulkan pengalaman saat anda maju untuk memulai usaha budidaya ikan secara professional. Mengelola bisnis membutuhkan banyak keterampilan administratif, baik itu budidaya ikan atau bisnis lainnya. Ini juga berarti bahwa anda tidak akan memiliki atasan untuk memberi arahan dan anda harus membuat semua keputusan sendiri, jika anda tidak memiliki partner bisnis.

 

 

Untuk memulai usaha Anda sendiri di industri perikanan akuakultur, anda harus terlebih dahulu mempelajari semua tentang budidaya ikan. Belajar tentang peternakan ikan akan mempersiapkan anda untuk membuat keputusan yang baik. Kunjungi beberapa peternakan ikan di daerah anda atau bertemu dengan orang-orang seperti anda yang telah memulai memasuki industri ikan. Internet adalah sumber pengetahuan yang luas. Anda bisa menemukan semua tentang akuakultur dan budidaya ikan dari situs web di internedengan cara mengumpulkan lebih banyak informasi tentang bisnis ini. Setiap bisnis memiliki tantangan tersendiri, dan anda harus melakukan apa pun untuk mendapatkan pengetahuan langsung tentang bisnis ini. Mengambil pekerjaan paruh waktu di perikanan lokal mungkin juga memberi anda pengalaman sebagai pemula dalam usaha budidaya ikan.

 

Menetapkan tujuan sebelum memulai bisnis sangat penting di awal usaha anda. Anda harus tahu persis apa yang akan dihasilkan, berapa jumlahnya, berapa banyak orang yang dibutuhkan, berapa banyak uang yang akan anda belanjakan, dan berapa banyak keuntungan yang dapat anda harapkan dari bisnis budidaya ikan ini. Sebab hal tersebut menjadi langkah awal bagi untuk membuat rencana bisnis. Menyiapkan rencana bisnis akan memungkinkan Anda menggabungkan bisnis anda, mendapatkan dokumen pemerintah, atau lisensi yang diperlukan, membantu anda memilih lokasi yang tepat, mendapatkan izin lingkungan , dan sebagainya. Anda juga memerlukan rencana bisnis untuk mendapatkan dana dari bank atau mendapatkan investor.

 

Setelah anda tahu pilihan anda dan berapa banyak uang yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah harus menganalisis pasar. Siapa pembeli kamu Ikan jenis apa yang paling menguntungkan? Berapa banyak yang bisa anda suplai? Sudahkah anda mempertimbangkan semua biaya yang terkait dengan bisnis yang akan dijalankan? Anda harus mulai memikirkannya.

 

Karena anda ingin memulai dari kecil, anda bisa memasang kolam pemancingan tepat di halaman belakang rumah. Hal ini juga memungkinkan untuk membudidayakan ikan di tangki, garasi atau di dalam rumah. Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua persediaan yang anda butuhkan untuk menyiapkan peternakan ikan kecil Aada dan memulai usaha budidaya ikan. Jika anda memiliki pembeli atau tahu bahwa anda dapat dengan mudah menjual ikan, jadikan kolam pemancingan atau tangki anda cukup besar untuk menghasilkan produksi yang cukup. Beli persediaan anda dengan harga grosir. Anda dapat menemukan toko grosir pasokan ikan secara online juga.

 

Jika Anda telah memutuskan untuk beroperasi dari rumah, anda bisa menunjuk tempat di halaman belakang anda ke kolam. Anda bisa dengan mudah menggali kolam, dan menaruh ikan didalamnya. Anda mungkin harus mengolah air agar cocok untuk budidaya ikan yang akan anda mulai. Anda bisa membeli sekantong kecil ikan dari hatchery dilokasi terdekat. Memberi makan ikan dengan pakan yang tepat dan merawat kolam atau tangki ikan anda kami berharap bisnis peternakan ikan akan membawa kesuksesan.

 

 

Baca Juga:

1. Tips Pemasaran Bisnis Ikan Lele yang Efektif

2. Budidaya Ikan Lele Dengan Modal 2 Jutaan

3. Ampas Kelapa Dapat Dijadikan Pakan Ikan Lele. Begini Caranya!

4. Solusi Tingkatkan Daya Hidup Larva Lele

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon