Macam-macam Jenis Udang Yang Bisa Dibudidayakan

January 22, 2018

   

Udang adalah salah satu hewan air yang amat sangat diminati oleh berbagai kalangan baik untuk konsumsi rumah maupun restoran, bahkan tidak sedikit rumah makan ataupun restoran yang menjadikan udang sebagai hidangan istimewa. Karena selain enak rasa nya juga gurih udang juga termasuk makanan kaya akan protein.

 

Tingkat konsumsi udang pada masyarakat meningkat dari tahun ke tahun, karena udang memiliki banyak manfaat yaitu sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya kanker dan kebotakan serta baik untuk kekebalan tubuh. Udang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, karena mengandung banyak vitamin D, Kalium dan Kalsium, serta vitamin B12, asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak.

 

Jika kita ingin membuka usaha tambak udang bisa kita lakukan dengan memperhatikan analisa berikut, karena memang bisnis tambak udang merupakan bisnis yang cukup spektakuler, dan bisnis ini juga memerlukan modal yang cukup besar dalam artian khusus bagi yang berkantong tebal kecuali anda dapat warisan tambak jadi tidak perlu pake modal lagi hehe..

 

Untuk anda para usahawan yang mau memulai bisnis udang ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu jenis-jenis udang yang memilik nilai tinggi. Banyak sekali jenis udang yang bisa dibudidayakan untuk keperluan bisnis tetapi hanya ada jenis-jenis tertentu yang populer yaitu :

 

Udang Vaname

 

Udang vaname bisa dikembangkan dengan beberapa teknik pola tambak udang baik itu modern maupun tradisional. Udang ini merupakan salah satu jenis udang yang didatangkan dari luar dan dibudidayakan di Indonesia karena semakin diminati serta memiliki berbagai kelebihan dibanding udang lain seperti tahan serangan penyakit, perkembangan pertumbuhannya dapat lebih cepat yaitu dengan masa pemeliharaan antara 3 sampai 4 bulan, serta daya tahan untuk hidup selama pembiakan tergolong  tinggi dan pakannya yang relatif lebih mudah.

 

Udang Windu

 

Udang windu juga sering disebut sebagai tiger shrimp. Budidaya udang windu biasa dilakukan di tambak yang bisa bersifat tambak ekstensif atau intensif.

 

Udang windu merupakan  udang yang digemari untuk bahan makanan karena badannya yang termasuk besar dan rasanya bercita rasa manis gurih. Udang windu memiliki kulit yang tebal, dengan warna hijau kebiru-biruan dihiasi garis gelap melintang pada tubuhnya. Udang ini juga ada yang berwarna kemerahan dengan warna garis coklat.

 

Udang Galah

 

Udang galah juga dikenal sebagai Fresh Water Shrimp. Udang ini adalah udang air tawar yang tidak kalah terkenalnya di kalangan konsumen. Udang ini terkenal dengan sosoknya yang besar, gemuk, terdiri dari berbagai macam warna. Ada yang hijau kecoklatan, kuning kecoklatan, hijau kebiruan atau nampak seperti udang windu namun penampilannya lebih bundar.

 

Selain ketiga jenis udang diatas masih banyak jenis lain seperti udang jerbung, udang kipas, udang kucing, udang dogol dan lain-lain. Nah seperti apa analisa bisnis budaya udang agar bisa panen sukses dan berlimpah, dapat anda simak dalam pembahasan pada artikel terkait lainnya.

 

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon