Kincir Air Tambak dan Kegunaannya

January 22, 2018

Peternakan udang itu sendiri adalah merupakan ekosistem di perairan buatan maupun alam tertutup yang membutuhkan perlakuan teknis budidaya yang dapat merangsang proses fisika, kimia dan biologi untuk menyeimbangkan ekosistem perairan. Keseimbangan ekosistem kolam tambak diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi udang seperti pada ekosistem alami.

 

Salah satunya yang memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kondisi perairan tambak (terutama pada budidaya udang skala intensif) seperti yang disebutkan di atas adalah kincir air. Pemahaman dasar yang berkaitan dengan peran dan fungsi kincir air pada operasi tambak udang sangat dibutuhkan, sehingga roda air bisa memainkan peran optimal.

 

Fungsi kincir air itu sendiri di perairan buatan adalah untuk menciptakan aerasi. Aerasi adalah proses peningkatan kandungan oksigen di lingkungan air, dengan tujuan membuat organisme hidup di dalamnya tumbuh lebih sehat dan cepat.

 

Nutrisi atau pakan yang Anda tambahkan ke kolam menyebabkan meningkatnya kebutuhan oksigen di dalam air, terutama pada cuaca panas dimana tingkat DO (oksigen terlarut) lebih rendah, dan dapat menyebabkan kondisi yang dapat membunuh pertumbuhan udang dan pertumbuhan alga semakin meningkat.

 

Itu sebabnya dibutuhkan waterwheel/kincir air  yang berguna untuk:

 

  1. Menciptakan air buatan dibuat lebih alami dan membuat tingkat DO di perairan secara teratur untuk menstabilkan proses biologis di sekitarnya.

  2. Membantu penyebaran obat jika ada perawatan kimia.

  3. Membantu dalam proses pencampuran karakteristik antara perairan kolam lapisan atas dan bawah.

  4. Membantu dalam proses pemupukan air.

  5. Membantu mengarahkan kotoran dasar tambak ke pembuangan pusat, sehingga mempermudah dalam proses pembersihan dasar kolam.

 

Kincir Air Tambak Olimpia dengan spesifikasi :

 

  • 1 HP, 750 Watt

  • 1,9 Ampere Dengan Roller

  • Impeller (kipas) :  2 Unit High Quality Engineering Plastic.

  • Gearbox : Bevel Gear.

  • Tripod/Dudukan As dengan Roller.

  • Float Boat/Pelampung : HDPE panjang 177 cm.

  • Shaft/Besi As dari bahan Stainless Steel: 250×700 (AISI 304 solid stainless Steel)

 

Adalah merupakan solusi jawaban yang tepat bagi tambak anda.

 

Disamping kincir air yang sudah dijelaskan seperti diatas, anda juga dapat melihat produk-produk pakan ikan dan udang. Serta jenis perlaratan lainnya yang kami tawarkan kepada anda para pembudidaya ikan maupun udang.

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon