Mengatasi Air Kolam Ikan Berwarna Hijau dengan Sinar Lampu Ultraviolet

April 15, 2017

Dalam budidaya perikanan, air yang keruh mengakibatkan daya ikat oksigen menjadi rendah, batas pandang ikan menjadi berkurang, selera makan ikan bisa terganggu yang membuat efisiensi pakan rendah.

 

Air kolam ikan berwana hijau tidak disukai oleh hobiis ikan koi, karena membuat pemandangan di kolam menjadi tidak indah serta membuat ikan Koi tidak bisa di nikmati keelokannya.

 

Apa yang membuat air kolam ikan berwarna hijau?

 

Air kolam ikan yang berwarna kehijauan disebabkan oleh tingginya tingkat alga di dalam air. Zat klorofil dari alga tersebut menjadikan air kolam terlihat hijau.

 ilustrasi kolam ikan berwarna hijau/ dokumentasi Wahyu Wijanarko

 

Alga dapat tumbuh subur karena adanya oksigen, sinar matahari dan tingginya nitrat. Alga akan berfotoseintesis dan berkembang biak semakin cepat dalam air ketika alga terpapar sinar matahari dan mendapat pasokan makanan dari kotoran yang dikeluarkan oleh ikan. Saat populasi alga dalam kolam ikan semakin bertambah banyak, air kolam akan semakin bertambah hijau.

 

Tingkat pH air kolam yang tidak stabil juga berpengaruh kepada kondisi warna air. Apabila pH air kolam tidak seimbang, maka organisme-organisme seperti bakteri, kuman, lumut (ganggang) akan mudah berkembang biak di dalam air.

 

Berlimpahnya bakteri, kuman, lumut (ganggang) di dalam air akan menyebabkan air kolam berwarna hijau.

 

Kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi warna air kolam renang. Air hujan yang masuk ke dalam kolam menyebabkan pH dalam air kolam ikan berubah. Selain itu, air hujan juga mengandung banyak partikel kotoran sehingga dapat membuat air kolam tidak bersih. 

 

Persoalan air hijau pada kolam ikan dapat diatasi dengan memakai sinar lampu ultraviolet dan sistem filter air. Metode sterilisasi air menggunakan sinar Ultravioet telah terbukti ampuh dan memberikan manfaat yang baik, prosesnya juga tergolong mudah. Dapat diaplikasikan pada kolam ikan koi, ikan gurame, ikan mas, dan ikan nila, dan sebagainya.

 

Kapasitas filter air sebaiknya mencapai 30 - 40 persen dari volume air kolam. Kapasitas filter yang cukup besar membuat alga tak bisa berkembang pesat karena air keburu masuk ke dalam filter lagi.

 

Pasang lampu Ultraviolet di atas chamber terakhir filter yang akan masuk dalam kolam. Sinar ultraviolet dari lampu ampuh membunuh bakteri, juga membuat air yang masuk ke kolam juga tetap jernih.

 

Filter yang dipasangi ultraviolet akan mengikat alga menjadi gumpalan yang mudah disaring. Filter menjadi mudah dibersihkan, karena ketika kotoran menumpuk, hanya dengan 2 -3 kali pembasuhan saja media filter bisa digunakan kembali.

 

Baca Juga Informasi Terkait

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon