Penamaan Ilmiah Ikan Hias Masih Belum Beraturan

April 6, 2017

Pada sesi dialog bertema 'DNA Barcoding of Exotic Ornamental Fish' yang digelar oleh Balitbang Ikan Hias Kementerian Kelautan dan Perikanan, terungkap beberapa temuan menarik.

 

Dalam acara yang dimoderatori oleh Kepala Balitbang Ikan Hias, Dr. Idil Ardi ini terungkap, bahwa berdasar data dari FAO (Food and Agriculture Organization) didapati hampir 60 persen perdagangan ikan hias berasal dari negara-negara di Asia.

 

Komoditas ikan hias memiliki segmen khusus. Walau pangsa pasar ikan hias lebih kecil dari ikan konsumsi, namun bisnis ikan hias memiliki prospek yang sangat tinggi.

 black ghost knife fish, salah satu ikan hias introduksi di Indonesia

 

Data terakhir menyebutkan sekitar 40 % ikan hias dunia berasal dari Indonesia. Saat ini Indonesia menempati ranking 5 di dunia sebagai negara pengekspor ikan hias, dengan angka 5,3% dari keseluruhan ekspor ikan hias dunia.

 

Fakta menarik, sekarang Singapura merupakan eksportir ikan hias terbesar dunia, padahal Singapura tidak memiliki sumberdaya ikan hias sebesar Indonesia.

 

Industri ikan hias menyebabkan jutaan spesies akuatik seperti udang hias, siput, karang, kerang, tanaman air atau kepiting, melanglang buana ke seantero dunia. Hal ini menjadikan banyak spesies ikan hias masuk golongan introduksi, yaitu jenis hewan atau tumbuhan yang masuk ke dalam satu habitat baru.

 

Produksi ikan hias Indonesia berasal dari tangkapan dan budidaya. Sebagian besar ikan hias yang dibudidayakan adalah ikan introduksi, mencapai 85 %.

 

Beberapa spesies ikan hias introduksi kehadirannya berdampak negatif pada keanekaragaman hayati di lingkungan baru. 

 

Hobiis dan pegiat ikan hias sering melakukan eksplorasi untuk menemukan spesies baru, sehingga penamaan ilmiah lebih lambat daripada nama dagang. Nama ilmiah banyak ikan hias menjadi tidak beraturan, contohnya Ikan Sumatera memiliki 4 nama yang berbeda genus.

 

Di sisi lain,informasi mengenai kuantitas spesies ikan hias masih terbatas. Ikan hias memiliki kuantitas sedikit tetapi dengan variasi sangat banyak. 

 

Saat ini standard nama ikan hias air tawar dan laut diatur oleh OFI (Ornamental Fish International). Masih banyak spesies ikan hias yang belum ada nama ilmiahnya.

 

INFORMASI TERKAIT IKAN HIAS 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

 

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224

 

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon