Tips Memilih Ikan Koi Berkualitas

March 30, 2017

Ikan Koi digemari oleh hobiis ikan hias dan harganya lumayan mahal, karena memiliki warna indah dengan corak beragam. Bagi sebagian kalangan, ikan Koi dianggap membawa keberuntungan dan kedamaian. 

 

Ikan Koi berkualitas tinggi merupakan perpaduan antara warna-warna putih, merah, hitam, dan bentuk tubuh secara keseluruhan.

 

Berikut ini beberapa tips memilih ikan koi berkualitas yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya.

 ikan koi jenis Kohaku juara 1-2-3 Jakarta Ornamen Fish Festival 2017 / foto: jakartakoicentre.com

 

Pola Warna Ikan Koi

 

Ikan Koi memiliki pola warna yang diwariskan secara genetik dari induknya. Pola warna ikan Koi berubah sesuai umur. Semua pola warna dalam tubuh koi harus seimbang. Pola warna putih pada mulut dan bagian ekor koi yang paling penting. Diperhatikan pula pola huruf pada kepala koi.

 

Kualitas Warna Ikan Koi

 

Kualitas warna ikan Koi terkait dengan seberapa banyak jumlah pigmen tertentu dalam kulit, sisik dan sirip. Semakin banyak pigmen warna tersimpan di dalam jaringan tubuh ikan Koi, maka makin tampak indah warna ikan tersebut.

 

Warna ikan koi dianggap bagus jika terlihat sangat cemerlang. Apabila terdapat warna putih pada seekor koi, maka warnanya harus benar-benar putih tanpa ada gradasi kehitam-hitaman.

 

Bentuk Tubuh Ikan Koi

 

Bentuk tubuh sangat berpengaruh pada kualitas ikan Koi. Bentuk tubuh yang sempurna akan berpengaruh langsung pada gaya berenang koi.

 

Walaupun seekor ikan koi bertubuh montok dan mempunyai corak warna yang sangat indah, jika siripnya tidak lengkap, ikan koi tersebut dinilai jelek.

 

Sebaiknya kedua sisi badan koi simetris. Perbandingan antara panjang, lebar, dan tinggi merupakan kunci yang menenetukan apakah ikan koi berkualitas atau tidak. Rasio perbandingan panjang tubuh dan tinggi 1:2 atau 1:3 menandakan ikan koi tersebut bagus dipilih.

 

Garis punggung koi harus terlihat lurus dan ketika mereka bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan wajar. Garis sebelah atas dan bawah tubuh koi membentuk lengkung yang wajar jika dilihat dari samping.

 

Artinya, sebelah atas tubuh koi tidak boleh terlalu melengkung, dan sebelah bawah juga Jangan sampai membentuk garis lurus. Ikan Koi yang ketika berenang membentuk lengkungan tajam pada badannya, tidak pantas untuk dipilih.

 

Koi tampak menawan apabila memiliki srip yang cantik dan besarnya sesuai dengan tubuh. Sirip paling penting di antara semua sirip adalah sirip dada. Sirip ini tidak boleh cacat karena penyakit atau cacat bawaan.

 

Pada sirip ekor, sirip punggung, sirip perut dan sirip anal ikan koi sering ditemukan cacat. Pastikan memilih koi yang punya bentuk sirip sempurna. Beberapa ikan koi yang karena kekurangan makan biasanya mempunyai sirip yang kecil.

 

Ada ikan koi yang punya bentuk hidung bersandar ke depan, dan sebagian lagi ada yang mancung. Bentuk hidung koi seperti itu dianggap kurang bagus. Ikan koi yang berkualitas memiliki bentuk hidung yang wajar, tidak terlalu menonjol, tapi juga tidak tenggelam dalam timbunan daging.

 

Cacat rahang sering terdapat pada koi. Cacat rahang ini disebabkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang ikan koi ketika masih kecil. Cacat rahang sangat besar pengaruhnya terhadap penilaian kualitas ikan koi. Kepala koi menjadi besar dan lebar, dan sangat tidak elok dipandang apabila memiliki cacat rahang.

 

Patut diingat, seekor induk betina koi yang sedang mengandung bentuk perutnya lebih buncit. Ini jangan disalahartikan bahwa ikan koi tersebut tidak normal. 

 

--------- 
Hindari memilih ikan koi yang tampak lesu, lambat gerakan berenangnya, berenang limbung tidak seimbang, atau lebih banyak diam di dasar kolam. Insang yang bergerak terlalu cepat, menandakan ikan sedang kesulitan bernapas, menandakan ikan ini sedang tidak sehat.

 

Ikan koi berkualitas baik, senang berkumpul dengan kawanannya. Koi yang cenderung senang menyendiri atau menjauhi kawanannya, tidak baik untuk dipilih sebagai ikan hias.

 

Semoga tips-tips memilih ikan koi berkualitas yang tertulis di atas dapat bermanfaat. Selamat menjadi kolektor ikan koi.

 

Baca Juga Artikel Terkait Ikan Koi

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon