Pemprovsu Tebar Puluhan Ribu Benih Ikan di Danau Toba

March 23, 2017

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melakukan kegiatan tebar puluhan ribu benih ikan di Danau Toba, Rabu (22/3/2017). Penebaran benih ikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi yang didampingi sejumlah Bupati di kawasan Danau Toba.

 

Ikan yang disebar jenis Nilem (Paitan) dan Tawes hasil penangkaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu yang merupakan bagian dari target restocking satu juta benih di perairan Danau Toba pada tahun 2017.

 

Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap 15 ribu benih ikan tawes dan 30 ribu benih ikan nilem yang ditebar di Danau Toba bisa berkembang biak dengan baik.

Gubsu Tengku Erry Nuryadi sedang menebar benih ikan di Danau Toba

 

Gubernur Sumut juga mengajak elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan Danau Toba agar ikan-ikan dapat tempat yang layak untuk tumbuh dan berkembang.

 

"Lingkungan yang jelek akan membuat habitat ikan-ikan terganggu," ujar Gubsu Erry.

 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut, Zonny Waldi menjelaskan bahwa ikan tawes dan ikan paitan merupakan jenis ikan asli (endemik) Danau Toba yang keberadaannya sudah hampir punah. Dinas Perikanan dan Kelautan Semut mengambil indukan tawes dan paitan untuk ditangkarkan dan dikembangbiakkan.

 

Zonny Waldi mengungkapkan Jenis ikan endemik yang ditebar tersebut adalah pemakan plankton, juga pemakan muntahan ikan budidaya Keramba Jaring Apung (KJA), sehingga dapat memperbaiki kualitas air di kawasan Danau Toba.

 

Saat ini pemerintah sedang berupaya memperbaiki kualitas lingkungan perairan Danau Toba dalam upaya mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba. Salah satu persoalan yang dihadapi tingginya produksi KJA di perairan Danau Toba yang menyebabkan kualitas perairan menurun atau tercemar.

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Kementerian Perikanan dan Kelautan, LIPI dan BLH Sumut serta beberapa pakar sudah menyepakati tingkat produksi perikanan KJA tahun 2017 yang diizinkan maksimum 50 ribu ton ikan per tahun.

 

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 
Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon