Persiapan Tambak Udang untuk Cegah Penyakit Kotoran Putih

March 10, 2017

Serangan penyakit kotoran putih udang berdampak buruk dan dapat mengakibatkan kematian massal yang merugikan pembudidaya. Faktor utama penyebab udang terjangkit penyakit kotoran putih adalah kualitas air pemeliharan yang buruk. Persiapan tambak yang optimal membantu cegah timbulnya penyakit kotoran putih.

 

Penyakit kotoran putih (White Feces Disease/ WFD) paling sering didapati pada jenis Udang Vannamei dan Monodon. Penyebab WFD adalah jenis parasit mirip cacing namun tidak memiliki organ seluler (protozoa) dan bakteri Vibrio parahaemolyticus. Untuk menghindari serangan WFD, maka pertumbuhan protozoa dan bakteri Vibrio di dalam tambak harus ditekan. 

 dokumentasi: discoversouthside.com

 

Protozoa dan Vibrio bakal tumbuh cepat pada kondisi suhu air hangat dalam tambak (30-32 derajat Celsius), kondisi pH air rendah (dibawah 7,5), serta kandungan bahan organik tinggi dalam air. Untuk mengantisipasi kondisi ini, maka perlu dilakukan membuat ukuran tambak yang agak dalam, dapat menampung air hingga kedalaman 1,5 meter.

 

Apabila tambak cukup dalam, maka sinar matahari tidak bisa langsung menembus sampai ke dasar tambak, sehingga suhu air bisa lebih rendah dan stabil pada kisaran 28 hingga 30 derajat Celsius. Selain itu, ruang gerak udang juga lebih luas karena volume air lebih banyak.

 

Langkah persiapan tambak selanjutnya adalah membersihkan seluruh kotoran yang berasal dari siklus pemeliharaan udang sebelumnya. Tambak diberikan desinfektan. Pengapuran tambak berfungsi sebagai desinfektan, juga untuk meningkatkan pH. Dikontrol pula agar tidak ada kebocoran atau rembesan pada tambak yang dapat membuka peluang timbulnya bibit penyakit.

 

Setelah air untuk pemeliharaan mengandung oksigen terlarut yang tinggi dan konstan pada ukuran 5 ppm, air dapat dimasukkan ke dalam tambak. Kandungan oksigen terlarut dalam air yang tinggi akan menyehatkan udang, sistem imun udang akan bekerja optimal sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit kotoran putih.

 

Kandungan oksigen tinggi dalam air juga membuat metabolisme pada tubuh udang berfungsi optimal, sehingga pertumbuhan udang jadi lebih cepat dan pakan yang dikonsumsi udang terserap dengan baik (FCR rendah).

 

BACA INFO TERKAIT PENYAKIT KOTORAN PUTIH UDANG 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 


Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon