Tips Mencerahkan Kualitas Warna Ikan Koi

March 8, 2017

Ikan Koi memiliki warna indah dengan corak beragam yang bagi sebagian kalangan dianggap membawa keberuntungan, dan kedamaian. Tak heran, hal tersebut membuat harga Ikan Koi lumayan mahal dan banyak dicari orang. 

 

Pola warna yang dimiliki ikan Koi diwariskan secara genetik dari induknya. Pola warna ikan Koi berubah sesuai umur. Kualitas warna ikan Koi terkait dengan berapa banyak jumlah pigmen tertentu dalam kulit, sisik dan sirip. Semakin banyak pigmen warna tersimpan di dalam jaringan tubuh ikan Koi, maka makin tampak indah warna ikan tersebut.

ikan koi/ foto: daily49er.com

 

Dalam jaringan tubuh ikan Koi terdapat pigmen erythrosome, ptridin, purin, eumelanin dan carotenoid yang tersimpan dalam sel chromastosphor dan membentuk berbagai pola warna ikan. Berdasarkan hasil penelitian, teridentifikasi bahwa warna kuning dan merah pada ikan Koi berasal dari pigmen carotenoid.

 

Carotenoid banyak ditemukan di alam, ada sekitar 800 jenis, tapi tak semuanya dapat digunakan untuk mencerahkan warna ikan Koi. Jenis carotenoid yang umum dipakai dalam budidaya perikanan adalah astaxanthin, cantaxanthin, tunaxanthin dan lutein.

 

Pakan alami berupa zooplankton dan fitoplankton mengandung banyak carotenoid. Spirulina dan Haematocoocus Pluvialis yang kaya akan Carotenoid umum digunakan sebagai suplemen pakan buatan untuk menumbuhkan zooplankton. Penambahan 15 persen Spirulina, 1,5 % Haematocoocus Pluvialis bakal menambah kecerahan warna ikan Koi.

 

Penambahan Carotenoid pada pakan ikan Koi wajib dilakukan walau akan meningkatkan biaya pakan. Apabila di dalam pakan tidak ditambahkan Carotenoid, maka kebutuhan akan pigmen tersebut tidak akan tercukupi buat ikan Koi yang menyebabkan warna ikan menjadi pucat.

 

Baca Juga Artikel Terkait 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon