Secchi Disk untuk Mengukur Kekeruhan Air Tambak

March 2, 2017

Secchi Disk merupakan alat analisis untuk mengukur tingkat kekeruhan air. Dalam budidaya perikanan, air yang keruh mengakibatkan daya ikat oksigen menjadi rendah, batas pandang ikan menjadi berkurang, selera makan ikan bisa terganggu karena efisiensi pakan rendah.

 

Dampak lain akibat air yang keruh adalah ikan jadi sulit bernapas dikarenakan insang tertutup partikel-partikel lumpur.​ Karena itu pembudidaya perlu untuk mengukur tingkat kekeruhan air. 

 Penggunaan Secchi Disk/ foto: flickr.com

 

Secchi Disk adalah lempengan sederhana yang berbentuk cakram, pada permukaannya terdapat warna hitam dan putih, berbentuk berupa arsiran dengan empat bagian.

 

Penggunaan Secchi Disk sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Cara menggunakan Secchi Disk cukup mudah. Lempengan Secchi Disk diikat dengan tali lalu dimasukkan ke dalam air. saat pola yang terdapat pada Secchi Disk tidak terlihat lagi dalam air di kedalaman tertentu, maka didapat hasil analisis tingkat ukuran kecerahan air.

 

Tingkat kecerahan optimal pada pembudidayaan udang vannamei adalah 30 hingga 40 cm. Apabila kecerahan air kurang dari 30 cm, maka perlu dilakukan pergantian air di tambak hingga mencapai standar optimum.

 

Sedangkan dalam kondisi tingkat kecerahan dalam air tambak udang lebih dari 40 cm, maka perlu dilakukan pemupukan ulang agar plankton di tambak dapat kembali tumbuh sesuai standar.

 

Setiap pembudidaya pasti ingin udang/ikan peliharaannya tumbuh baik dan memiliki kelangsungan hidup yang maksimal. Untuk mencapai hal itu, kualitas air tambak perlu dikontrol setiap waktu, termasuk juga mengontrol tingkat kekeruhan air dengan menggunakan Secchi Disk.

 

Baca Juga Informasi Terkait Air Tambak

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

 

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224

 

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon