Trik Antisipasi Berbagai Ancaman Saat Molting pada Udang

February 10, 2017

Molting pada udang adalah pergantian kulit udang. Molting merupakan proses alami dalam kehidupan udang, karena kulit udang tidak elastis, tersusun oleh senyawa chitin yang keras. Saat molting terjadi, udang sangat rentan terhadap serangan penyakit, dan rentan terhadap ancaman kanibalisme dari udang lainnya.

 

Udang sangat rentan terhadap serangan dari udang lainnya saat molting, karena kondisinya sedang sangat lemah. Udang yang sedang molting pada kulit luarnya belum mengeras.

 foto dokumentasi: aquariumcarebasics.com

 

Akibat hasil dekomposisi parsial eksoskeleton, saat molting pada udang akan mengeluarkan cairan yang mengandung asam amino, enzim dan senyawa organik yang baunya sangat merangsang nafsu makan udang. Hal ini membangkitkan sifat kanibalisme udang.

 

Dibutuhkan perlakuan teknis yang tepat pada kondisi udang sedang molting massal. Berikut ini trik antisipasi berbagai ancaman saat molting pada udang :

 

  • Frekuensi dan volume penggantian air tambak dikurangi dalam kondisi molting massal pada udang. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya guncangan kualitas air yang dapat memperparah kondisi udang pada saat molting. Di perairan tambak yang tingkat kecerahan airnya belum stabil, sebaiknya segera dilakukan pemupukan agar kecerahan air menjadi stabil.

     

  • Saat udang mengalami penurunan nafsu makan segera lakukan penyesuaian program pakan harian, yakni dengan cara mengurangi jumlah pakan yang diberikan pada masing-masing frekuensi pakan harian. Pengurangan pakan bertujuan untuk mengurangi terjadinya over feeding yang dapat mengakibatkan di dasar tambak terakumulasi sisa pakan tak terkonsumsi oleh udang.

    Patut diperhatikan, pada saat melakukan pengurangan jumlah pakan, jangan dikurangi frekuensi pakan harian, karena dapat mengakibatkan proses kanibalisme meningkat.

     

  • Secara intensif lakukan pengecekan pada saluran pembuangan air tambak untuk memantau perkembangan kondisi dan kualitas udang pada saat terjadi molting massal.

    Jika didapati bangkai udang terbawa keluar pada saat proses pembuangan air tambak, harus segera dilakukan pengecekan dasar tambak untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

    Apabila terindikasi kondisi populasi udang telah terkena permasalahan yang cukup parah, sebaiknya dilakukan pemanenan dini agar tidak menimbulkan kerugian besar bagi petambak.

     

  • Supaya udang dapat melakukan molting dengan baik, kondisi lingkungan air harus ideal, terutama kandungan oksigen terlarut (DO), alkalinitas, dan pH.

 

INFORMASI TERKAIT BUDIDAYA UDANG 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon