Potensi Besar Budidaya Laut di Indonesia

January 17, 2017

Budidaya laut (marikultur) sedang berkembang di berbagai daerah Indonesia sebagai salah satu penunjang ketahanan pangan nasional. Usaha marikultur merupakan industri yang menjanjikan.

 

Potensi ekonomi dalam budidaya laut sangat besar dan menyerap banyak tenaga kerja, yaitu mencakup usaha produksi benih, jual beli indukan, usaha pembesaran ikan, penyewaan dan jual beli lahan budidaya, usaha pakan, bisnis transportasi pengiriman benih dan indukan.

 

Berkat inovasi teknologi, beberapa spesies air laut sudah berhasil dibudidayakan dan dikembangkan, diantaranya adalah rumput laut, ikan bandeng, ikan kerapu, ikan kakap, ikan kuwe, teripang, ikan beronang, ikan tuna, abalon dan teripang.

 foto budidaya laut di Tual/ sumber: antaranews.com

 

Beberapa komoditas budidaya laut Indonesia sudah mampu bersaing dalam pasar internasional. Saat ini Indonesia merupakan negara pemasok benih kerapu dan bandeng ranking satu di dunia.

 

Pembenihan ikan kerapu dan bandeng di Indonesia telah dimulai sejak era tahun 1990-an. Saat ini teknologi pembenihan budidaya kerapu dan bandeng sudah mampu diaplikasikan oleh HSRT (Hatchery Skala Rumah Tangga). Usaha pembenihan sudah mampu memenuhi permintaan dalam negeri, juga diekspor ke berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam.

 

Potensi budidaya laut di Indonesia masih sangat besar dan terbuka. Pengoptimalan produksi diupayakan dengan pengintensifan pemakaian keramba jaring apung maupun lepas pantai (offshore), peningkatan efisiensi dan kualitas pakan, pemakaian aplikasi biosekuriti.

 

Kebutuhan pangan domestik dan internasional bakal terpenuhi berkat proses budidaya laut yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan beberapa tahun mendatang Indonesia dapat menjadi poros maritim dunia berkat dukungan pesatnya pertumbuhan industri budidaya laut..

 

INFO TERKAIT BUDIDAYA LAUT

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon