Berbagai Warna Air Tambak dan Penyebabnya

January 14, 2017

Seringkali didapati warna air tambak yang berbeda dalam tambak budidaya udang. Terkadang terlihat warna air tambak yang berubah-ubah. Hal ini terjadi karena warna air tambak ditentukan oleh jenis plankton yang mendominasi pada saat itu. Warna air bakal serupa dengan pigmen warna jenis plankton yang dominan di dalam tambak.

 

Berikut berbagai warna tambak dan penyebabnya:

 

Warna Air Tambak Hijau Tua 

 

Penyebab air tambak berwarna hijau tua adalah plankton hijau jenis Chlorophyta. Plankton Chlorophyta stabil terhadap perubahan lingkungan dan cuaca karena mempunyai waktu mortalitas yang relatif panjang.

 

Patut diwaspadai oleh pembudidaya terjadinya booming plankton Chlorophyta, karena tingkat pertumbuhan dan perkembangan plankton ini relatif cepat.

foto dokumentasi stockistnasa.com

 

Warna Air Tambak Kecoklatan 

 

Warna air tambak seperti hijau kecoklatan menunjukkan dominasi plankton Diatomae. Jenis plankton Diatomae merupakan jenis plankton yang baik buat tambak. Jenis plankton ini merupakan penyuplai pakan alami bagi udang, yang menyebabkan tingkat pertumbuhan dan perkembangan udang relatif lebih cepat.

 

Dalam kondisi musim dengan tingkat curah hujan yang tinggi, berkurang tingkat kestabilan Diatomae, sehingga berpotensi terjadinya plankton collaps.

 

Warna Air Tambak Hijau Kecoklatan 

 

Warna air tambak seperti hijau kecoklatan menunjukkan dominasi perpaduan plankton Chlorophyceae dan Diatomae.

 

Warna Air Tambak Kekuningan

 

Warna air kekuningan disebabkan oleh plankton jenis flagellata kuning keemasan yang harus dikontrol populasinya di dalam tambak. Populasi maksimal flagellata kuning di tambak maksimal adalah <5%.

 

Jika kondisi perairan tambak kekuningan akan menyebabkan udang berwarna lebih pucat dari biasanya, disertai dengan penurunan nafsu makan udang. Apabila tidak segera diantisipasi akan menimbulkan kerusakan hepatopanchreas udang.

 

Dalam kondisi air tambak berwarna kekuningan, pergantian air sangat dianjurkan dan harus diimbangi dengan penambahan jumlah kincir angin.

 

Warna Air Tambak Biru Kehijauan

 

Warna air tambak biru kehijauan menandakan air didominasi plankton jenis Cyanophyceae, dapat menyebabkan pertumbuhan lambat pada udang.

 

Warna Air Tambak Coklat Tua

 

Kondisi ini karena tambak yang telah banyak mengandung plankton dinoflagellata. Masalah kesehatan udang seperti insang hitam dan bengkak akan timbul karena air yang berwarna coklat tua.

 

Warna Air Tambak Merah Kecoklatan

 

Disebabkan populasi berlebihan dinoflagellata jenis Pyrrophyta yang membuat kadar oksigen air menurun terutama saat malam dan dini hari. Kondisi air tambak berwarna merah bisa berakibat fatal kematian massal udang.

 

Perubahan warna air tambak harus diamati setiap saat. Warna air yang berubah-ubah setiap saat adalah indikator bahwa air tambak tersebut memiliki alkalinitas total yang rendah.

 

Tapi patut diperhatikan, pergantian air tambak sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan, karena makin sering dilakukan penggantian air memungkinkan udang jadi stres karena fluktuasi pH air.

 

BACA JUGA INFO LAIN TERKAIT TAMBAK 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 

 

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon