Keuntungan Ekonomis Pemanfaatan Limbah Udang

January 12, 2017

Limbah udang jika tak diolah lebih lanjut dapat berdampak negatif terhadap lingkungan, membahayakan kesehatan manusia. Limbah udang hasil industri pengolahan jika dimanfaatkan dapat memberikan keuntungan ekonomis bagi pengusaha.

 

Pengolahan udang buat komoditi ekspor terdiri atas tiga macam, yaitu udang yang dikemas utuh dari bagian badan dan kepala, udang badan tanpa kepala, dan daging udang saja. Pengolahan produksi udang berdasarkan ketiga macam produk tersebut menghasilkan limbah padat bagian-bagian udang yang terbuang seperti kepala, ekor dan kulit.

pengolahan udang/ foto: kontan.co.id

 

Pelaku usaha pengolahan dapat meraup keuntungan ekonomis dari pemanfaatan limbah udang. Berbagai senyawa organik dan anorganik dari limbah udang dibutuhkan oleh banyak industri. 

 

Nilai Ekonomis Kitosan dan Kitin

 

Kitosan (chitosan) merupakan senyawa turunan yang berasal dari polimer Kitin (Chitin). Kepala udang mengandung zat Kitosan. Limbah kepala udang hasil industri pengolahan dapat mencapai 35-50 % berat udang. 

 

Kitosan mudah berinteraksi dengan zat-zat organik lainnya seperti protein. Karena itu, Kitosan banyak digunakan dalam berbagai bidang industri.

  • Kitosan berguna sebagai pengawet dalam industri makanan. Pengunaan Kitosan aman buat manusia. Pengawet berbahan Chitosan tidak merusak aroma maupun rasa makanan yang diawetkan.

  • Kitosan sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Zat Chitosan dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat kanker, tekanan darah tinggi, liver, dan gangguan organ tubuh lainnya.

  • Chitosan digunakan oleh industri tekstil. Zat ini memiliki sifat tahan api dan menambah daya ikat terhadap zat pewarna kain sehingga kain yang berwarna tak mudah luntur. 

  • Senyawa Kitosan dan Kitin dapat diolah sebagai bahan penyerap logam-logam berat yang dihasilkan oleh limbah industri. Chitin dan Chitosan bersifat sebagai bahan pengemulsi koagulasi, dan dapat berfungsi sebagai absorben terhadap logam berat dalam air limbah. 

Tepung Limbah Udang untuk Pakan Ternak 

 

Kitosan (chitosan) merupakan senyawa turunan yang berasal dari polimer Kitin (Chitin). Kepala udang mengandung zat Kitosan. Limbah kepala udang hasil industri pengolahan dapat mencapai 35-50 % berat udang. 

 

Limbah udang hasil olahan berupa kepala, ekor dan kulit, dapat diproses jadi sumber bahan baku yang menjadi substitusi tepung ikan. Tepung udang dikenal dengan nama tepung rese.

 

Tepung limbah udang mengandung semua asam amino essensial, sumber asam amino aromatik seperti fenilalanin dan tirosin yang  kandungannya lebih tinggi daripada tepung ikan. 

 

Selain mengandung protein tinggi, tepung rese berguna sebagai sumber kolesterol pakan ikan budidaya. Tepung rese dapat pula sebagai pakan hewan ternak lainnya semisal ayam broiler.

 

INFO TERKAIT BUDIDAYA UDANG

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon