Mengintip Peluang Bisnis Udang Lipan

January 11, 2017

Bisnis udang lipan memiliki prospek cerah di Indonesia. Harga udang lipan di pasaran relatif mahal. Udang lipan dijual bukan dengan takaran kilogram, tapi dijual per ekor atau satuan.

 

Udang lipan hasil tangkapan nelayan, dalam keadaan hidup seekor harganya bisa mencapai Rp 10.000 untuk udang ukuran 7 inci. Udang lipan bertipe B ukuran 8 inci dihargai 25 ribu rupiah per ekor. Harga udang lipan bertipe A ukuran 9 inci mencapai 75 ribu per ekor.Udang lipan tipe AA berukuran 10 inci harganya mencapai Rp 125.000 per ekor.

 peacock mantis shrimp/ foto: whatsthatfish.com-@fishx6

Pangsa pasar udang lipan cukup besar. Selama ini udang lipan dari Indonesia diekspor ke luar negeri, karena banyaknya permintaan dari Malaysia, Hongkong dan Tiongkok.
 

Udang lipan di beberapa tempat dikenal sebagai udang ronggeng, udang getak, udang mentadak, udang cakrek, udang plethok atau udang Eiko. Bahasa Inggrisnya adalah Mantis Shrimp. Spesies udang ronggeng memiliki tampilan fisik unik. Sekilas tampak menyerupai lipan, tidak mirip dengan udang kecuali karena memiliki capit seperti spesies udang lainnya. 

 

Keindahan kulit udang lipan sangat menarik mata. Warna cerah merah dan hijau merupakan dua warna yang jadi ciri khas udang lipan. Habitat hidup udang lipan di perairan karang, aktif pada malam hari untuk mencari makan. 

 

KHASIAT UDANG LIPAN 

 

Udang ronggeng memiliki nilai tawar tinggi karena memiliki banyak khasiat. Jenis udang ini mengandung protein berkadar asam amino tinggi seperti asam gulamat, asam aspartat, arginine, lysine, leucine, glycine. Udang ronggeng kaya akan Omega 3, vitamin B12 dan juga zat besi. 

 

Mengkonsumsi udang lipan dapat menjaga kesehatan kardiovaskular jantung karena kandungan asam lemak esensialnya menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris. Mengasup udang lipan dapat memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya. 

 

Masih langka pembudidaya udang lipan di Indonesia. Sebagian besar udang lipan yang dijual berasal dari tangkapan nelayan. Beberapa kawasan yang menekuni bisnis penampungan udang lipan yakni perairan Kwala Brandan Sumut, Panai Hilir Labuhanbatu Sumut, dan perairan Panipahan Rohil Riau.

 

 

BACA JUGA INFO BUDIDAYA UDANG LAINNYA

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up.Bima Apriandi
Telp: 0821 6844 3388

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon