Underwater Restocking, Terobosan DKP Jatim Tingkatkan Populasi Ikan

January 9, 2017

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur melakukan terobosan dengan membuat inovasi underwater Restocking sebagai upaya meningkatkan sumber daya ikan yang terus menurun belakangan ini. Volume produksi perikanan yang menurun sejak tahun 2009 menunjukkan fakta bahwa sumber daya ikan berkurang karena mengalami over fishing dan over exploited.

 

Underwater Restocking merupakan pembangunan rumah ikan bawah laut dan penebaran benih ikan di dasar laut, dengan cara menyelam dan menebarkan benih ikan langsung ke dalam area/habitat yang nyaman pada kedalaman sekitar 10 hingga 15 meter, sehingga ikan-ikan yang ditebar bisa langsung mendapatkan asupan makanan dan berlindung dari kemungkinan adanya ikan pemangsa. 

penyebaran benih ikan di bawah laut/ foto: metrotvnews.com

Sebelum ini untuk meningkatkan populasi ikan, DKP Jatim pernah lakukan cara menebar benih ikan diatas permukaan laut. Namun, hasilnya kurang signifikan, karena volume produksi atau tangkapan ikan nelayan tetap menurun. Kualitas tangkapan ikan juga masih rendah. 

 

Ikan demersal jenis kerapu yang paling banyak dilepas ke laut dalam program underwater restocking. Lewat kegiatan pembenihan ikan di bawah laut ini diharapkan dapat meningkatkan persediaan sumber daya ikan, mengurangi risiko kematian benih ikan, sehingga terjadi peningkatan produktivitas hasil tangkapan ikan bagi nelayan.

 

DKP provinsi Jatim memberikan bantuan hibah seperti kolam pembenihan dan pakaian selam untuk melepas benih kepada kelompok-kelompok nelayan. Program underwater restocking saat ini sedang ditingkatkan lagi di wilayah perairan Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo dan Malang.

 

Semenjak inovasi underwater restocking gencar dilaksanakan, sekarang ini di beberapa tempat kerap ditemukan jenis-jenis ikan berbeda dari yang pernah dilihat sebelumnya.

 

Bertambahnya keberagaman populasi ikan di sekitar area underwater restocking menjadi destinasi wisata baru yaitu diving atau menyelam yang banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

 

Para turis sambil menyelam berkesempatan untuk ikut serta dalam penebaran benih ikan didasar laut. Selain berprofesi sebagai penangkap ikan, para nelayan juga dapat merangkap menjadi pemandu wisata untuk penghasilan tambahan.

 

BACA JUGA INFO TERKAIT

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224


Up. Teguh Raharjo
Telp: 0812 6065 5496

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon