Aerasi Faktor Penting Proses Pengolahan Limbah Kelapa Sawit

December 9, 2016

Aerasi merupakan faktor penting dalam proses pengolahan limbah kelapa sawit. Melalui aerasi, oksigen dipasok untuk membantu bakteri melakukan respirasi sehingga cepat melakukan penguraian limbah cair buangan industri kelapa sawit. Limbah cair yang nantinya akan dibuang, sudah sewajibnya tidak berdampak pada pencemaran lingkungan. Untuk mengukur atau mengontrol kadar buangan limbah cair tersebut adalah angka biological oxygen demand (BOD).

 

Jika nantinya limbah yang dibuang masih memiliki kadar BOD tinggi, bisa dipastikan organisme yang ada di sekitar lingkungan buangan tersebut akan kekurangan oksigen. Kadar buangan limbah cair industri sawit yang dapat dialirkan ke sungai selayaknya memiliki BOD 3.500 hingga 3.000 mg/liter. Termasuk kandungan minyak dan lemak yang diperbolehkan ≤ 600 mg/liter, dan pH ≥ 6.

 

Seperti disebutkan sebelumnya, pasokan oksigen yang cukup diperlukan pada proses pengolahan limbah kelapa sawit. Tujuannya agar bakteri melakukan pencernaan secara aerobik pada bak pengolahan limbah cair. Sehingga bakteri bisa semakin cepat melakukan penguraian limbah.

 

Beragam cara telah dipraktikkan industri kelapa sawit untuk meningkatkan aerasi. Berbagai jenis sistem aerasi telah dikembangkan bertahun-tahun untuk meningkatkan efisiensi energi dan proses transfer oksigen.

 

Sistem aerasi dirancang sebagai sistem aliran kontinu karena udara terus menerus dipasok ke dalam bak aerasi pada pengolahan limbah cair. Untuk setiap bak aerasi, biasanya industri kelapa sawit ada yang memilih mendistribusikan oksigen murni, oksigen yang diperkaya dan sistem difusi udara yang disalurkan ke dalam bak pengolahan limbah dengan diffuser udara di bagian bawah tangki.

 

Satu di antara upaya untuk meningkatkan proses aerasi adalah melibatkan aerator untuk meningkatkan transfer oksigen, memancing pembentukan gelembung udara. Jenis aerator yang bisa diandalkan pada pengolahan limbah cair sawit adalah TurboPro Jet Aerator.

 

Turbo Jet Aerator bekerja dengan cara menghisap udara yang ada di dalam air melalui pipa hisap. Kemudian mendorong udara ke air dengan kecepatan tinggi melalui putaran roda seperti mata pisau. Udara dan air kemudian tercampur menjadi gelembung-gelembung oksigen.TurboPro Jet Aerator dapat menjangkau ketersediaan oksigen lebih luas. Jarak penyemprotan oksigennya juga lebih luas. (*)

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 6065 5496
Up. Teguh Raharjo

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon