Keuntungan Menggunakan Geomembrane Sebagai Lapisan pada Dasar Tambak

November 29, 2016

Geomembrane secara kasat mata adalah lembaran tipis dari bahan polimer yang strukturnya fleksibel dan kedap. Sehingga sering dijadikan sebagai barrier atau penghalang untuk pergerakan air dan cairan atau material lainnya yang bersifat larut. Geomembrane terutama yang terbuat adalah high density polyethylene (HDPE)  juga baik digunakan sebagai dasar lapisan pada kolam atau tambak.

HDPE Geomembrane mencegah akumulasi kotoran di dasar tanah dan zat-zat dari pencucian kolam yang menggunakan bahan kimia seperti ammonia dan senyawa lainnya.

 

Harus diakui, budidaya ikan sekarang menuntut pengelolaan yang lebih efisien. Mengontrol dampak lingkungan pada  kolam atau tambak dapat dilakukan dengan cara meminimalisasi tumpukan lumpur. Apalagi pada proses pembenihan ikan, penggunaan geomembrane dapat memberikan kontrol yang baik terhadap proses pemeliharaan.

 

Dasar kolam atau tambak yang ditutupi geomembrane, maka pembudidaya dapat lebih mudah mengawasi zat kimia dan kondisi biologis kolam. Sehingga pada akhirnya, penggunaan geomembrane juga erat kaitannya dengan upaya meminimalisasi penyakit lewat kontrol ketidakseimbangan zat.

 

Penggunaan geomembrane pada kolam ikan.                                          Foto: www.fibromat.com

 

Selain itu penggunaan geomembrane dapat menstabilkan kadar air tanah yang disebabkan oleh tingkat fluktuasi. Dan mengurangi masalah ketidakstabilan tanah yang disebabkan karena kondisi tanah terlalu basah atau terlalu kering.

 

Permukaan geomembrane cukup halus. Biasanya diproduksi dengan teknologi co-ekstrusi. Secara fisik, HDPE geomembrane memiliki tingkat resistensi yang tinggi terhadap robekan, ketahanan tusuk yang tinggi, ketahanann UV, anti asam dan alkali, bisa digunakan pada lingkungan dengan tingkat suhu tinggi maupun rendah. Anti rembesan, anti lembap serta tahan lama.

 

Menawarkan desain yang fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kontur, penggunaan HDPE geomembrane dapat diaplikasikan pada berbagai bentuk kolam. Mudah diinstalasikan dan perawatan yang minim.  Oleh karena itu, geomembrane juga sering diaplikasikan pada proyek water reservoirs, kanal irigasi, pertambangan, pembuatan jalan, kolam atau danau golf, dan tempat pembuangan akhir (TPA). (*)

 

 

Baca Juga:

1. Alat dan Bahan yang Dapat Dijadikan Alas Tambak dan Kolam

2. Penyebab Air Kolam Ikan Menjadi Hijau

3. Kincir Air Terbaik Untuk Tambak

4. Penyebab Meningkatnya Amonia Pada Air Kolam dan Cara Mengatasinya

5. Cara Menaikkan dan Menurunkan pH Air

6. Pengaruh Salinitas Terhadap Usaha Budidaya Tambak Udang

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 6065 5496
Up. Teguh Raharjo

 

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon