Eutrofikasi Mengurangi Kandungan Omega-3 Ikan

October 10, 2016

Eutrofikasi diketahui dapat mengubah struktur fitoplankton dan menurunkan produksi asam lemak Omega-3 di perairan. Eutrofikasi atau juga disebut blooming merupakan suatu kondisi tumbuhan di perairan sangat cepat sehingga menyebabkan pencemaran air. Atau secara awam sering disebut meledaknya populasi ganggang. Sebuah perairan berada dalam kondisi eutrofik bila kadar konsentrasi total phosporus (TP) berada pada rentang 35-100 mikrogram/liter.

 

Di sisi  lain, ikan selama ini menjadi panganan yang diandalkan manusia sebagai sumber protein karena memiliki asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi, yakni Omega-3. Beberapa varian ikan yang dikenal memiliki kandungan Omega 3 tinggi antara lain salmon, tuna, makarel dan termasuk ganggang dan krill. Asam lemak Omega-3 menurunkan parameter biokimia sebagai faktor resiko aterosklerosis, seperti kolesterol, LDL, dan trigliserida. Omega-3 juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

 

Proses eutorfikasi di perairan.                                                                                             Foto: wri.org

 

Kandungan Omega-3 yang terbaik adalah Docosahexaenoic acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Bagaimanapun juga ikan sangat bergantung pada tumbuhan seperti alga untuk memproduksi Omega-3, yang kemudian ditranfser dalam rantai makanan melalui zooplankton. Sebab semua alga tak mampu mensitesa EPA dan DHA.

 

Eutrofikasi terutama disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi fosfor di perairan.  Fenomena ini mengubah komposisi fitoplankton di perairan dan tentunya proposi EPA dan DHA. Para ahli dari tiga universitas di Finlandia, seperti dikutip dari Fish Site, Senin (10/10/2016) menemukan bahwa kandungan EPA dan DHA menurun sejalan dengan proses eutrofikasi. Kondisi ini merupakan kali pertamanya bahwa kandungan asam lemak pada fitoplankton mempengaruhi rantai makanan, bahkan sampai pada ikan.

 

Sebagai bahan penelitian, ada 40 jenis alga yang dikultur pada laboratorium. Kandungan asam lemak yang dimiliki dikombinasikan dengan data fitoplankton yang berasal dari 700 danau di Finlandia. Penelitian ini dilakukan oleh Finlandia Environment Institute. Setiap danau memiliki konsentrasi fosfor yang berbeda.(*)

 

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602
Up. Cherrie Gisela

 

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon