Mayoritas Pelabuhan Pangkalan Ikan di Kalimantan Timur Kondisinya Memprihatinkan

September 21, 2016

Mayoritas kondisi pelabuhan pangkalan ikan di Kalimantan Timur (Kaltim) benar-benar memprihatinkan. Meski lokasi dan arealnya tetap, namun para pembeli ikan bertambah.  Total ada 12 pelabuhan pangkalan ikan yang ada di Kalimantan Timur, namun delapan saja yang beroperasi. Satu di antaranya adalah pelabuhan pangkalan pendaratan ikan Selili yang berlokasi di Samarinda. Di Selili setiap hari dilakukan proses bongkar muat ikan sebanyak 40 ton.

 

Dua  puluh persen atau delapan ton ikan dari hasil bongkar muat itu dijual ke kawasan Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara (Tenggarong).  Sedangkan yang beredar di Samarinda adalah 32 ton, itupun masih kurang. Nur Sigit, selaku Kepala Dinas Kelautan, bahwa pelabuhan pangkalan ikan Selili kapasitasnya harus segera ditingkatkan sehingga bisa lebih leluasa melakukan transaksi jual beli ikan antara nelayan dan pembeli. Evaluasi sarana dan prasarana di pelabuhan ikan pada setiap kabupaten/kota, ujar Nur Sigit, harus segera dilakukan karena kondisinya tidak memungkinkan lagi.

 

Nelayan menjual ikannya di pangkalan perikanan, Kalimantan Timur.     Foto: skyscrapercity.com

 

Dikutip dari Bisnis Indonesia, Selasa (20/9/2016), Nur Sigit menekankan, langkah evaluasi pertama yang dilakukan terhadap  pangkalan pendaratan ikan  Selili adalah menaikkan kelasnya. Sekarang statusnya adalah kelas D. “Sudah bisa ditingkatkan untuk naik menjadi kelas C sehingga namanya berubah dari pangkalan menjadi pelabuhan perikanan pantai,” ujar Nur Sigit.

 

Hasil tinjauan langsung di lapangan, luas pelabuhan pangkalan pendaratan ikan Selili hanya 1,2 hektar. Luas tersebut sebagai pelabuhan pangkalan ikan berada di bawah standar.  “Agar pelabuhan pangkalan ikan Selili naik kelas dari D menjadi kelas C, sepenuhnya adalah kewenangan Kota Samarinda. Jika ditingkatkan, harus memenuhi standar  luas 4 hektar. Jadi, kalau luas lahannya belum berubah, ya belum bisa naik kelas," kata Nur. (*)

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602
Up. Cherrie Gisela

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon