Pertama Kalinya Ditemukan Penyakit Whirling pada Ikan di Kanada

Badan Pemeriksaan Makanan Kanada (The Canadian Food Inspection Agency (CFIA) menemukan ada tanda-tanda penyakit Whirling pada ikan yang berada di Danau Johnson, Taman Nasional Banff. 

 

Seperti dilansir The Fishsite, ini merupakan kasus pertama penyakit Whirling di Kanada yang menyerang ikan salmon dan trout. Whirling menunjukkan gejala abnormalitas pada ikan sehingga berenang berputar-putar seperti sedang mengejar ekornya sendiri. Penyakit Whirling disebabkan oleh infeksi protozoa Myxobolus Celebralis dan biasanya menyerang ikan muda. Parasit ini pertama kali ditemukan di Eropa, tepatnya di Jerman pada tahun 1893.

 

Penyebaran parasit ini bersamaan dengan perkembangan atau migrasi ikan salmon, baik ikan yang hidup maupun ikan yang mati. Selain Whirling, ada beberapa gejala klinis yang khas pada ikan yang terinfeksi parasit ini. Di antaranya ekor menjadi berwarna gelap hal ini dikarenakan adanya kerusakan saraf. Kemudian terjadi deformasi tulang yang menyebabkan tubuh ikan membengkok.

 

 Ikan trout yang terdeteksi penyakit Whirling di Danau Johnson, Kanada.                 Foto:68.com              

Selain itu, ditemukan benjolan berwarna putih yang bentuknya bulat lonjong seperti butiran pada di bagian insang ikan. Benjolan tersebut sebenarnya adalah kista yang berisi spora Myxobolus sp. Spora ini kemudian yang berkembang menjadi protozoa Myxobolus cerebralis. Ketika infeksi sudah berat, maka overculum ikan tidak dapat menutup sempurna sebab terganjal benjolan kista.

 

Temuan penyakit ini telah dilaporkan ke badan Kesehatan Hewan Federal kanada yang bekerjasama dengan pertamanan Nasional Kanada untuk memastikan bagaimana perkembangan penyakit. Pihak Pertamanan Nasional Kanada juga sudah membatasi akses ke Johnson Lake serta melarang keras adanya aktivitas rekreasi berbasis air danau. Tujuannya untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit lebih lanjut. Walaupun sebenarnya Penyakit Whirling tidak berdampak pada kesehatan manusia ataupun mamalia.

 

Pengambilan sampel dan pengujian ikan terlah dilakukan oleh Taman Nasional Banff. Pemerintah setempat juga memastikan telah menyusun rencana untuk mengembangkan respon yang tepat ketika penyaki tersebut memang positif. (*)

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 08126 0830 602

Up: Cherrie Gisela

 

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon