Kondisi ini yang bikin Ikan Stres dalam Tambak

Tidak hanya manusia, hewan juga bisa mengalami stres. Ikan yang merasa stres menggambarkan situasi di mana ikan tidak dapat mempertahankan keadaan fisiologis normal yang disebabkan oleh berbagai faktor. Ikan stres jika ditempatkan dalam situasi yang tidak bisa ditoleransi.

 

Adapun hal-hal atau kondisi yang membuat ikan stres antara lain :

  • Rendahnya kualitas air sehingga kadar oksigen terlarut juga rendah, dan mempengaruhi kadar pH,

  • Adanya polusi kimia,

  • Komposisi pakan yang tidak tepat misalnya jenis protein/asam amino,

  • Keberadaan nitrogen dan limbah metabolik lainnya, seperti tingginya kadar ammonia,

  • Faktor biologis yang disebabkan karena kepadatan atau kebutuhan ruang renang untuk ikan yang sempit. Keberadaan mikroorganisme yang patogen dan non patogen, serta makroorganisme seperti parasit juga membuat ikan tambah stres.

  • Faktor fisik Seperti suhu yang memang sangat berpengaruh langsung terhadap sistem kekebalan tubuh ikan. Begitu juga dengan suara.

Biasanya pada ikan stres akan menunjukkan beberapa reaksi. Pertama, terjadinya peningkatan kadar gula darah pada ikan dikarenakan sekresi hormon dari kelenjar adrenalin. Gula yang disimpan dalam tubuh ikan, seperti glikogen yang terdapat di dalam hati, mengalami proses metabolisme. Proses ini membuat ikan menyimpan energi yang dipersiapkan untuk kondisi darurat.

 

Kedua, proses osmoregulasi terganggu karena adanya perubahan metabolisme mineral. Dalam kondisi ini, ikan air tawar akan menyerap banyak air dari lingkungannya (overhidrasi/kelebihan air), sementara ikan air asin justru akan kehilangan banyak air (dehidrasi). Ikan membutuhkan energi yang banyak untuk mengatur osmoregulasi ini.

 

Ketiga, respirasi yang meningkat, kadar gula darah yang juga naik, menyebabkan banyak cadangan sel darah merah yang dilepas dalam proses sirkulasi.

 

Sebenarnya ikan dapat mengatasi stres namun dalam jangka waktu yang terbatas. Ikan stres tetap dapat terlihat beraktivitas normal. Namun kondisi stres ini menguras energi yang banyak. Sebab energi cadangan banyak yang dilepaskan. (*)

 

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan
: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602
Up. Cherrie Gisela

Please reload

Featured Posts

Pakan Udang Bernutrisi dari Campuran Molase dan Tepung Ikan

January 8, 2019

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon