Lakukan Tiga Cara Sederhana Ini untuk Hilangkan Bau Amis Ikan

Ikan adalah sumber protein yang tak terbantahkan manfaatnya bagi tubuh manusia. Sajian ataupun cara pengolahan ikan beragam. Namun, tetap ada yang tak menyukai ikan dan biasanya karena aromanya.

 

Amis dan anyir sering menjadi alasan orang memilih tak mengonsumsi ikan. Ikan segar maupun ikan busuk sama-sama amis dan anyir. Namun ikan busuk derajat amis dan anyir sangat menusuk hidung alias amat menyengat.

 

Anyir dan amis ikan ini sebenarnya adalah proses pembusukan alami yang terjadi karena adanya perubahan enzim pada tubuh ikan yang disebabkan oleh bakteri. Proses ini menghasilkan reaksi reduksi sebagai akibat dari oksiadsi. Enzim yang terkadung dalam tubuh ikan adalah zat trimetilamin oksida (TMA). Enzim ini terpecah, lalu terdekomposisi menghasilkan  trimetilamina dan dimetilamina. Kedua zat tersebutlah yang wujudnya adalah bau amis dan anyir. 

 

Nah, untuk menghilangkan bau anyir dan amis ikan dapat dilakukan dengan tiga langkah sederhana:

 

1. Cuci menggunakan air bersih.

Ini adalah yang paling sederhana. Cuci ikan menggunakan air mengalir misalnya pada keran. Cuci bersih, hingga ke bagian tekstur daging ikan yang kesat, untuk menghilangkan lendir sehingga perlahan bau amisnya menghilang.

 

2. Rendam dalam susu.

Rendamlah ikan dalam susu, kemudian bilas. Susu dapat menghilangkan bau amis makanan laut karena adanya kandungan kasein yang berikatan dengan trimetilamin oksida. Sehingga bau amis atau anyir akan menghilang. Setelah itu Anda dapat mengolah ikan dengan beragam cara.

 

3. Gunakan lemon atau cuka

Sifat jeruk lemon yang asam dapat menetralkan bau anyir. Adapun cuka memiliki senyawa amino yang bersifat basa sehingga apat menetralkan bau amis.Ikan segar yang tak lagi meninggalkan jejak bau anyir atau amis ikan dijamin akan menambah kenikmatan olahan Anda. (*)

 

Selamat mencoba.

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu
Medan:
 Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602
Up. Cherrie Gisela

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon