Manfaat Pepaya untuk Lancarkan Pencernaan Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi pepaya ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, melancarkan sembelit karena kandungan. Pepaya memiliki serat yang tinggi dan kaya kandungan antioksidan yang mampu membersihkan sisa makanan pada usus, kemudian membuangnya melalui saluran pembuangan. Hampir sama dengan kondisi manusia, aplikasi pemberian pepaya pada ikan juga akan membantu melancarkan pencernaan ikan.

 

Tanaman pepaya (Carica papaya L.) berpotensi sebagai sumber enzim, khusunya enzim protease. Enzim protease komersil sudah banyak tersedia, biasanya digunakan sebagai sumber enzim dalam pakan ikan. Pepaya mengandung enzim proteolitik papain yang digunakan hidrolisis protein. Papain merupakan satu dari enzim paling kuat yang dihasilkan oleh seluruh bagian tanaman pepaya. Namun hasil penelitian menunjukan bahwa enzim papain pada buah pepaya yang masih mentah memiliki dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pepaya yang sudah matang.

 

Anatomi sistem pencernaan pada ikan terdiri atas dua bagian yakni saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan pada ikan meliputi mulut, rongga mulut, pharynx, esphagus, lambung, usus, dan anus. Sedangkan kelenjar pencernaan adalah bagian saluran pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan yang nantinya akan bertugas membantu proses penghancuran makanan.

 

Pemberian pakan pada ikan, terutama pada stadia benih, seringkali tidak termanfaatkan secara baik oleh ikan sehingga berdampak pada pertumbuhan yang tidak optimal. Yang menjadi penyebabnya, salah satunya disebabkan karena kemampuan sistem pencernaan ikan. Kemampuan ikan mencerna pakan tergantung pada faktor fisik dan kimia makanan, umur ikan, jenis makanan, serta jumlah enzim pencernaan.

 

 

 

Saat ikan masih berada pada stadia benih,  produksi enzim endogenousnya masih sangat minim. Kondisi ini mengakibatkan pemecahan protein tiak sempurna dan daya cerna protein menjadi rendah. Padahal fungsi enzim endogen ini adalah kunci untuk menghidrolisis pakan sehingga nutrisi pakan dapat diserap oleh tubuh. Oleh karena itu mulai digunakan pakan yang mengandung enzim untuk membantu kerja dari enzim endogen.

 

 

Pemberian Pepaya

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa enzim protease dalam tanaman pepaya dapat meningkatkan pertumbuhan dan FCR (konversi pakan) beberapa jenis ikan. Penambahan tepung daging pepaya (simplisia) dalam pakan komersial dengan dosis berkisar 5 %- 15% menunjukkan terjadinya peningkatan laju pertumbuhan dan kelangsungan hidup, serta FCR yang semakin rendah pada ikan lele, patin, gurami, dan nila. Pemberian tepung daun pepaya sebanyak 5 % memberikan laju pertumbuhan tertinggi 1.704%, konversi pakan 1.648 dan kelangsungan hidup 100% bagi benih ikan lele sangkuriang (Nugraha, 2016).

 

Sedangkan penggunaan dalam bentuk enzim murni memerlukan dosis yang lebih kecil, yaitu berkisar 2.25-2.5 % dalam pakan. Meskipun eningkatan pertumbuhan yang nilainya kecil, namun sudah menunjukkan bahwa tanaman pepaya memiliki kemampuan enzimatis untuk membantu memecah protein dalam pakan.

 

Adapun kemampuan nya terkait pada jumlah enzim dan aktivitas enzim protease yang terkandung di dalam pepaya. Analisis aktivitas enzim protease buah pepaya menunjukkan nilai hanya 2.16 unit/mg protein sedangkan nilai aktivitas enzim protease murni mencapai 32,88 unit/mg protein.

 

Sumber: Staf Pengajar Prodi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Manajer Kemahasiswaan dan Hubungi Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran

 

 

Baca Juga:

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan: 
Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602
Up. Cherrie Gisela

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon