Mengenal Parasit pada Ikan

Apakah Parasit itu? 

Parasit adalah organisme yang hidup di dalam tubuh organisme lain yang lebih besar dan berasal dari spesies yang berbeda (host). Parasit hidup merugikan inang yang ditumpanginya. Dan juga, tergantung pada spesies, pengaruh parasit pada tubuh inangnya bisa sementara atau permanen. Bakteri dan virus diklasifikasikan sebagai parasit di beberapa cabang biologi. 

 

 

Bisakah parasit membunuh ikan? 

Parasit umumnya tidak membunuh inang, tetapi pada kondisi tertentu parasit akan memberikan pengaruh merugikan bagi populasi inang, dalam hal ini ikan. Parasit memiliki pengaruh dalam kelangsungan hidup inangnya. Misalnya saja ketika parasit banyak dan ikan terserang penyakit lain, ikan akan mudah mati karena parasit sudah duluan melemahkan daya tahan tubuh ikan. Efek parasit pada ikan diantaranya: 

  • Menghancurkan jaringan 

  • Mengurangi darah dan cairan sel 

  • Menyerap nutrisi yang diperlukan inang 

  • Memungkinkan terjadinya infeksi 

Apakah semua ikan memiliki parasit? 

Ya, pada kenyataannya parasitisme adalah wajar dan normal. Hal ini terjadi pada seluruh jenis tanaman dan di setiap kelompok utama dari hewan. Biasanya, parasit ikan tidak terlihat, tapi kadang-kadang peternak ikan bisa dengan jelas melihat tanda-tanda infeksi atau parasit. 

 

Dapatkah kita makan ikan yang sakit atau diparasiti? 

Dianjurkan untuk benar-benar memasak semua ikan yang hendak anda makan, minimal pada suhu 60°C selama setidaknya lima menit, atau membekukan ikan pada suhu dibawah 0°C selama 48 jam. Meskipun beberapa parasit membuat ikan jelek bentuknya dan rasanya tidak enak, tapi sangat sedikit parasit ikan yang berpengaruh ke manusia. Bahkan ketika ikan menunjukkan tanda-tanda jelas penyakit atau parasit, ikan masih dapat dimakan setelah dimasak, dibakar, atau disimpan dibawah titik beku. 

 

Apa parasit yang paling umum ? 

Karena mereka mudah dilihat, "belatung" (Cacing, Trematoda) adalah parasit yang paling umum dilaporkan hidup pada ikan. Penyakit yang disebabkan oleh parasit cacing dapat dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu: Platyhelminthes, Nematoda, dan Acanthocephala

 

Berikut adalah cara pencegahan agar parasit tidak menyerang ikan di kolam/tambak: 

  • Menjaga kebersihan kolam dan air yang digunakan. Kolam sebaiknya dikeringkan secara berkala, bahkan jika perlu dilanjutkan dengan perlakuan bahan kimia atau pengapuran dan tidak mengunaka dolomit. 

  • Peralatan yang digunakan untuk menangkap atau menangkut ikan harus dijaga jangan sampai mengandung organisme yang membahayakan ikan. Maka dari itu, disinfektan peralatan tambak dengan Halamid sangat dianjurkan.

  • Menjaga kondisi ikan agar selalu dalam keadaan sehat dan memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberinya makanan bergizi yang mengandung cukup vitamin C dan multivitamin yang dibutuhkan untuk menambah daya tahan tubuh. 

 

 

Semoga Bermanfaat!

 

 

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan: 
Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia

Telp: 061 4571 224 - 0812 60830602

Up. Cherrie Gisela

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon