Penyakit Parasit Bintik Putih pada Ikan

Penyakit bintik putih pada ikan adalah penyakit parasit menular yang sering terjadi. Disebabkan oleh protozoa Ichyophthirius Multifilis, parasit menginfeksi ikan setelah pindah dari dasar kolam dan menempel ke tubuh ikan, bergerak di bawah kulit permukaan dan ke dalam peredaran sel tubuh yang kemudian akan memakan sel-sel dan cairan tubuh. Siklus parasit ini bergerak dari satu ikan ke ikan lain setelah memakan sel tubuhnya dan kembali ke dasar kolam dimana ia berulang kali membelah dirinya menjadi ribuan. 

 

Penyakit ini mempengaruhi hampir semua spesies ikan budidaya air tawar tetapi yang paling sering terjadi adalah pada ikan mas. Parasit biasanya datang ke tambak melalui ikan yang sudah terinfeksi atau peralatan tambak. Perubahan kondisi lingkungan juga mempengaruhi seperti, penurunan suhu air pada tambak dan kolam ikan.

 

Diagnosa

Penyakit ini pertama kali terdeteksi melalui perubahan perilaku pada ikan. Ikan akan sering terlihat menggosok-gosokan atau menempelkan diri pada batu karena parasit telah memasuki kulitnya.

 

Cara berenang yang tidak biasa yang lebih sering berenang dekat dengan permukaan atau tinggal lama di dasar kolam dengan sirip yang sering terlipat/tertutup juga merupakan pertanda ikan telah diserang penyakit ini.

 

Pada tahap selanjutnya, kista putih kecil akan mulai muncul di atas punggung dan insang. Ukurannya sebesar butiran garam.

 

Pengobatan dan Pencegahan

Untuk menghentikan parasit agar tidak menyebar, tindaki dengan pengobatan pada kolam dengan kadar 0.01 ppm. Petunjuk penggunaan harus diikuti dengan hati-hati untuk mencegah toksisitas/keracunan di tambak.

 

Untuk mencegah penyakit pada tambak disarankan untuk melakukan karantina pada ikan baru selama dua minggu sebelum digabung di tambak dan jagalah kebersihan peralatan tambak dengan disinfektan setelah setiap pemakaian.

 

Semoga Bermanfaat!

 

 

 

 

Hubungi Customer Sales Representative kami di
Indah Sari Windu
Medan: 
Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia
Telp: 061 4571 224 

Please reload

Featured Posts

Alat dan Bahan Untuk Proses Hatchery Udang Vaname

January 20, 2020

1/10
Please reload

Recent Posts
Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon