• Audri Rianto

Otak Udang dan Serangga Memiliki Kemiripan

Fakta terbaru diungkapkan oleh para peneliti terkait hubungan udang dengan serangga. Fakta tersebut ialah krustasea seperti udang, lobster dan kepiting memiliki kesamaan struktur otak dengan serangga.


Sumber: merdeka.com

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, fakta tersebut mencuat melalui sebuah studi dari University of Arizona, yang menyatakan bahwa serangga dan krustasea memiliki struktur otak yang sama-sama berbentuk seperti jamur. Pada tahun 2017, seorang ilmuwan sarat dari University of Arizona, Nicholas Strausfeld pernah melaporkan analisis terperinci terkait bagian seperti jamur pada udang mantis.

Bagian seperti jamur ini adalah struktur otak yang sangat kuno, dan dapat ditemukan di seluruh kelompok arthropoda,” ujarnya.

Temuan ini akhirnya membuka suatu fakta baru bahwa krustasea dan serangga memiliki nenek moyang yang sama dan hidup sekitar setengah miliar tahun yang lalu dan telah lama punah. Selama bertahun-tahun, ilmuwan mencoba menjelaskan hubungan antara krustasea dan serangga menggunakan data morfologis, molekuler dan genetik dan kini dengan adanya bentuk jamur pada otak menjadi bukti bahwa secara input sensorik, serangga dan krustasea memiliki kesamaan.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa bagian dalam otak itu dapat berinteraksi dengan pusat-pusat otak lainnya untuk memperkuat dan memperlemah daya ingat hewan itu selama menganalisis lingkungannya.

Namun, tidak semua golongan krustasea memiliki bagian otak seperti jamur. Kelompok krustasea yang lebih revolusioner seperti lobster dan kepiting tidak memiliki bagian otak dengan bentuk jamur seperti yang dimiliki serangga. Hal ini dapat terjadi kemungkinan karena lobster dan kepiting sebagian besar hidupnya dihabiskan di dasar laut.

Strausfeld menyebutkan, temuan terkait persamaan bentuk dari bagian otak krustasea dan serangga ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai perbandingan kecerdasan antara keduanya.

111 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon