• Audri Rianto

Manfaat Vitamin C dan Waktu Pemberiannya pada Udang

Vitamin merupakan unsur esensial yang sangat diperlukan oleh setiap makhluk hidup tak terkecuali udang. Keberadaan vitamin pada pakan dibutuhkan untuk sistem metabolisme tubuh udang. Lingkungan budidaya udang dikenal sangat rentan terhadap serangan penyakit, maka untuk menangkal infeksi pakan udang harus mengandung vitamin C.


Sumber: infoikan.com

Kandungan vitamin C pada pakan berfungsi sebagai suplemen yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh udang sehingga udang menjadi lebih kuat dalam menghadapi serangan penyakit. Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan oleh udang dalam proses penyembuhan luka. Tidak hanya baik bagi udang, vitamin C juga baik bagi lingkungan budidaya yakni dapat menjaga suhu air agar tetap stabil.

Bisanya, pakan udang tidak memiliki kadar vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan udang. Untuk itu pakan sebaiknya dicampur dengan material lain yang mengandung vitamin C. Salah satu produk yang dapat digunakan sebagai campuran pakan udang yang mengandung vitamin C adalah Ascorbic Acid.

Cara menggunakan Ascorbic Acid dinilai cukup praktis, petambak hanya perlu mencampurkannya pada pakan secara merata kemudian ditebarkan pada tambak.

Waktu Pemberian Vitamin C

Banyak petambak merasa bahwa suplemen bagi udang tidak sepenuhnya perlu diberikan jika udang dinilai masih dalam keadaan sehat. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sebaik-baiknya proses budidaya ialah yang menghindari infeksi penyakit. Untuk itu, waktu yang tepat dalam menggunakan vitamin C ialah saat udang belum mengalami infeksi, yakni sebagai tindakan pencegahan.

286 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua