top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Kualitas Air Ideal dalam Budidaya Ikan Bandeng


Ikan bandeng hidup baik dalam kondisi suhu air 30-33 derajat Celsius. Pada suhu tersebut ikan bandeng aktif mengkonsumsi pakan alami di tambak. Suhu air yang turun dapat membuat pertumbuhan pakan alami terhambat, yang membuat makin sedikit suplai makanan alami bagi ikan bandeng.

Salah satu penyebab suhu air turun adalah kondisi musim hujan. Suhu air bisa dibawah 27 derajat Celsius pada musim hujan.

ikan bandeng

foto dokumentasi samrickseafood.com

Ikan bandeng merupakan biota air yang memiliki toleransi terhadap keadaan kadar garam air cukup tinggi. Ikan Bandeng mampu bertahan hidup dalam salinitas hingga 60 ppt.

Salinitas optimal dalam kisaran 15-30 ppt. Kadar garam yang terlampau rendah dapat menyebabkan pertumbuhan ikan bandeng terhambat.Salinitas air tambak bakal turun jika hujan turun.

Ikan bandeng sebaiknya dibudidayakan di lingkungan air yang relatif jernih. Kondisi air tambak yang keruh dapat mengganggu pertumbuhan bandeng, karena partikel lumpur bisa menganggu insang bandeng untuk mengambil oksigen melalui air.

Artikel Terkait Budidaya IKan Bandeng

jual WOVA-FH

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

3.916 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page