top of page
  • Redaksi: Yos Mo

Kenalan dengan Hantu Hitam Imut, Black Ghost Knifefish


Namanya memang menyeramkan, namun hantu hitam imut ini sedang digemari para pecinta ikan hias. Hantu hitam imut yang dimaksud adalah Black Ghost Knifefish.

Ikan hias black ghost berasal dari perairan Sungai Amazon, terdapat di berbagai negara Amerika Selatan. Si hantu hitam imut ini dikenal juga dengan nama knifefish karena bentuk tubuhnya mirip pisau hitam pipih. Ada yang menyebutnya sebagai ikan bulu ayam karena memang bentuknya seperti sehelai bulu ayam berwarna hitam.

ikan Black Ghost Knifefish

si hantu hitam imut, ikan Black Ghost Knifefish/ foto: aquascapeonline.com

Ikan black ghost berkarakter jinak, terkesan misterius karena bentuknya yang agak aneh. Black ghost memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan cicak. Jika ekor ikan ini putus akibat dimangsa ikan lain, dalam beberapa waktu ekornya dapat kembali tumbuh. Hal tersebut menjadi daya pikat bagi hobiis ikan hias.

Black Ghost Knifefish senang bersembunyi dalam kegelapan pada siang hari dan melakukan aktivitas pada malam hari. Ikan hantu hitam ini bisa mencapai ukuran 50 cm. Hampir seluruh warna tubuh ikan ini hitam kusam, hanya terdapat sedikit warna putih pada pangkal ekor.

Ikan Black Ghost dapat hidup diperairan pada suhu 23 – 28 derajat celcius dengan pH 6,5 – 7,5. Makanan utama black ghost adalah pakan hidup seperti cacing merah, cacing beku, larva serangga.

Ikan black ghost sudah berhasil dibudidayakan di Indonesia sejak lama. Bisnis penjualan black ghost knifefish berprospek cerah. Seorang pengusaha pembesaran ikan black ghost di Bogor bernama Mario bahkan bisa meraup omzet hingga belasan juta rupiah setiap bulannya.

Dalam pemeliharaan ikan black ghost, sebaiknya hiasan akuarium tidak berwarna terang atau mencolok, karena warna terang tidak disukai oleh ikan hantu hitam imut ini.

Baca Juga Info Lain Terkait Ikan Hias

jual obat penyakit ikan

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia

Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi

Telp: 0821 6844 3388

.

526 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page