top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

6 Alasan Udang Vaname Lebih Banyak Dibudidayakan Dibanding Udang Lain

Budidaya udang merupakan bisnis dengan prospek yang bagus dan menjanjikan. Budidaya udang sendiri bukanlah bisnis baru dan sudah banyak jenis udang yang telah dibudidayakan di Indonesia, sebut saja udang windu, udang galah hingga yang populer saat ini adalah udang vaname.


Sumber: unair.ac.id


Udang vaname dengan nama latin Litopenaeus vannamei telah menjadi pilihan utama bagi petani udang di seluruh dunia. Dari sekian banyak jenis udang yang bisa dibudidayakan, tetap saja udang vaname seakan memiliki daya tarik tersendiri.


Lantas, apa yang menyebabkan ketertarikan terhadap udang vaname ini begitu besar? Berikut adalah beberapa alasan mengapa udang ini lebih sering dibudidayakan dibandingkan dengan jenis udang lain:

 

Ketahanan Lingkungan yang Baik

Alasan pertama mengapa udang vaname menjadi favorit untuk dibudidayakan adalah udang vaname memiliki ketahanan terhadap lingkungan lebih baik dibandingkan udang jenis lain. Udang vaname sendiri berasal dari daerah sub-tropis sehingga mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan tropis seperti indonesia.


Pertumbuhan Cepat

Ketahanan terhadap lingkungan yang baik dibarengi dengan pertumbuhan yang cepat, tentu menjadi combo yang luarbiasa. Keunggulan ini yang paling disukai petambak, karena pertumbuhan yang lebih cepat dari udang jenis lain memungkinkan petambak melakukan panen lebih sering.


Ketahanan Terhadap Penyakit

Udang vaname dinilai lebih tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan udang lain. Namun, yang harus digarisbawahi adalah udang vaname juga memerlukan lingkungan yang stabil untuk terhindar dari penyakit.


Jadi, hanya karena lebih tahan penyakit bukan berarti pembudidaya jadi lalai dan malas-malasan dalam memantau lingkungan tambaknya. Lakukan pemantauan secara berkala agar tambak yang Anda kelola terus produktif.


Viabilitas Tinggi

Daya adaptasi yang baik serta memiliki ketahanan terhadap infeksi penyakit membuat udang vaname memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi petambak dengan menjadikan udang vaname sebagai pilihan utama untuk dibudidayakan karena dinilai lebih aman dan mengurangi risiko kerugian akibat kematian udang.


Nilai Ekonomi Tinggi

Kita tahu bahwa harga udang di pasaran itu tergolong tinggi, termasuk harga udang vaname. Dengan beberapa keunggulan yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengani nilai ekonomi yang tinggi di pasar, tentu para petambak akan lebih memantapkan pilihannya terhadap udang vaname untuk dibudidayakan.


Pilihan Alternatif yang Produktif

Beberapa tahun ke belakang diketahui sempat terjadi tren gagal panen budidaya udang macan (Penaeus monodon). Lalu, udang vaname muncul sebagai alternatif pengganti budidaya udang macan yang ternyata cukup berhasil. Jadi, kemunculan udang vaname ini bisa dikatakan telah memenuhi harapan para petambak untuk menciptakan budidaya yang produktif, menguntungkan, dan berkelanjutan.


Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak heran jika udang vaname menjadi pilihan utama dalam industri budidaya udang global. Praktik budidaya yang efisien dan berkelanjutan akan terus mendukung pertumbuhan industri ini.



Baca Juga

280 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarii


bottom of page