• Redaktur: Audri Rianto

Melihat Perkembangan Larva Udang dengan Salinitas Berbeda


Perawatan lingkungan budidaya udang harus dilakukan dengan baik demi menjaga beberapa parameter yang ada guna mendukung kehidupan udang. Parameter yang stabil memungkinkan udang dapat hidup dengan baik, tumbuh dan berkembang dengan normal.

Salah satu parameter yang paling krusial adalah salinitas atau kadar garam pada air. Udang diketahui dapat hidup dengan baik pada tingkat salinitas tertentu. Bahkan, saat udang masih dalam bentuk larva pun sudah membutuhkan salinitas yang baik dan stabil.

Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui tingkat salinitas yang baik bagi larva udang vaname. Penelitian yang dilakukan oleh Ani Wiwit Anita, Muhamad Agus, Tri Yusufi Mardiana, dari Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan, Universitas Pekalongan ini membuat beberapa kolam dengan tingkat salinitas yang berbeda, yang mana kolam tersebut nantinya akan diisi dengan larva udang vaname.

Kolam terbagi menjadi 4 perlakuan, yaitu A dengan salinitas 10 0/00, B dengan salinitas 12,5 0/00, C dengan salinitas 15 0/00, dan D dengan salinitas 17,5 0/00.

Selama penelitian berlangsung, larva udang diberi makan crumble Fengli sebanyak 5% dari biomassa larva udang vaname. Pakan diberikan sebanyak 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari. Pengamatan dilakukan selama 10 hari pemeliharaan, dan sudah menunjukkan perbedaan di setiap kolamnya. Penelitian dilakukan sebanyak 3 kali pengulangan.

Pertumbuhan Bobot Udang

Sumber: Ani Wiwit Anita, Muhamad Agus, Tri Yusufi Mardiana

Dapat dilihat pada tabel di atas, bahwa perlakuan D memberikan hasil yang baik dibandingkan dengan 3 perlakuan lainnya. Perlakuan D mampu memberikan penambahan bobot sebanyak 0,063 gram selama penelitian.

Kelangsungan Hidup

Sumber: Ani Wiwit Anita, Muhamad Agus, Tri Yusufi Mardiana

Tingkat kelangsungan hidup larva udang terbaik juga didapat pada perlakuan D, yaitu 100%. Artinya, larva udang semuanya hidup hingga penelitian berakhir. Perlakuan terbaik kedua adalah perlakuan C dengan rasio 98,3 %.

Perbedaan tingkat salinitas memang memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan larva udang. Dari penelitian yang telah dilakukan, tercatat bahwa perlakuan D dengan tingkat salinitas 17,5 0/00 merupakan tingkat salinitas terbaik untuk membesarkan larva udang vaname sebelum akhirnya menjadi benur yang akan ditebarkan pada tambak.

Baca Juga:


CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon