• Redaktur: Audri Rianto

Meningkatkan Nafsu Makan Udang


Pemberian pakan menjadi faktor utama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan udang. Pemberian pakan harus dilakukan secara efisien, yang ditandai dengan pertumbuhan udang yang optimal serta biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis.

Pertumbuhan udang yang optimal dapat dilihat dari ukuran udang itu sendiri. Jika pada umur tertentu udang memiliki ukuran yang masih di bawah batas keharusan, maka bisa dibilang bahwa ada yang salah dengan pola makan udang.

Sumber: ideaksi.com

Salah satu gangguan dari pola makan udang adalah menurunnya nafsu makan udang. Lantas, apa saja yang mempengaruhi nafsu makan udang dan bagaimana cara meningkatkannya kembali? Berikut ini kami ulaskan untuk Anda.

Hal yang Mempengaruhi Nafsu Makan Udang

Salah satu cara untuk mengukur tingkat nafsu makan udang adalah dengan memasang anco yang sudah disebar makanan di dasarnya. Kemudian anco dimasukkan ke tambak. Lakukan pengecekan berkala untuk melihat apakah pakan habis atau tidak.

Sementara Anda melakukan analisa, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa hal yang mungkin menyebabkan udang pada tambak Anda tidak nafsu makan.

  • Kualitas air yang kurang baik dengan beberapa parameter yang di bawah standar normalnya. Hal ini tentu bisa membuat udang tidak nyaman. Salah satu cara untuk menunjukkan ketidaknyamanannya itu ialah dengan tidak mau makan.

  • Terinfeksi Penyakit, sama seperti makhluk hidup lainnya, udang juga tidak mau makan saat terserang penyakit.

  • Faktor cuaca, seperti hujan atau panas yang menyebabkan fluktuasi suhu.

  • Udang mengalami stres, hal ini bisa jadi karena imbas dari keadaan lingkungan yang tidak optimal yang menyebabkan udang stres hingga tak mau makan.

  • Kualitas pakan yang kurang baik, untuk itu sebelum Anda memberikan pakan ada baiknya periksa terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa dari pakan tersebut, karena pakan yang memiliki kondisi buruk membuat udang tidak nafsu makan.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Udang

Setelah melakukan analisa dan mengetahui beberapa faktor di atas, maka Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai upaya untuk meningkatkan nafsu makan udang yang Anda miliki.

  • Mengembalikan kondisi tambak pada keadaan normal dengan cara melakukan pergantian air diiringi dengan menghidupkan aerator. Kondisi lingkungan tambak yang normal akan mengurangi tingkat stres udang sehingga nafsu makannya kembali normal.

  • Perhatikan feces udang, jika feces terlihat berwarna putih seperti benang-benang maka udang terindikasi terkena penyakit white feces disease. Cara mengobatinya adalah dengan dengan mengganti air tambak sebanyak 20 hingga 50 persen kemudian beri pakan yang sudah dicampur dengan Praziquantel.

  • Usahakan untuk selalu memberi pakan yang masih baru dan memiliki tanggal kadaluwarsa yang masih lama.

Baca Juga:


CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon