• Redaktur: Audri Rianto

Persentase Pemberian Pakan Terbaik Untuk Udang Vaname


Pada budidaya udang, pemberian pakan memegang 2 peran penting, yaitu berguna untuk mempercepat pertumbuhan udang yang dibudidayakan dan juga sangat berpengaruh terhadap kebersihan air tambak. Pemberian pakan harus dilakukan secara optimal dan seimbang, sebab apabila tidakdilakukan dengan benar, udang malah akan mengalami perlambatan pertumbuhan dan juga menurunnya kualitas air tambak.

Untuk mengetahui kadar pakan yang diberikan ideal atau tidak dalam pertumbuhan udang, tiga orang mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau melakukan penelitian dengan judul “Pemeliharaan Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Dengan Persentase Pemberian Pakan yang Berbeda”

Ketiga mahasiswa yang dimaksud adalah Edward Nababan, Iskandar Putra, dan Rusliadi melakukan penelitian tersebut pada tanggal 18 Maret hingga 23 April 2015 di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah.

Penelitian dilakukan pada udang vaname yang sudah berumur 20 hari dengan berat dan panjang rata-rata adalah 0,05 gram dan 1,62 cm. Sementara perlakuan pemberian pakan dibagi menjadi lima, yaitu P1: 15% dari berat biomassa/hari, P2: 25% dari berat biomassa/hari, P3: 35% dari berat biomassa/hari, P4: 45% dari berat biomassa/hari, dan P5: 55% dari berat biomassa/hari.

Hasil Penelitian

Pengamatan yang dilakukan selama 30 hari pemeliharaan dan data yang didapatkan adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan Bobot Rata-rata

Pengamatan bobot rata-rata dilakukan secara bertahap, yaitu 6 hari sekali dan dari tabel di atas terlihat bahwa pertumbuhan terbaik dihasilkan oleh perlakuan P2 dan P3. Sementara pada perlakukan P4 dan P5, pertumbuhan udang cenderung lebih rendah. Hal ini diakibatkan oleh pemberian pakan yang berlebihan, sehingga pakan yang diberikan tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh udang sebagai sumber pakan. Kelebihan pemberian pakan ini juga akan menurunkan kualitas air, sehingga air lebih rentan kotor dan menimbulkan gas ammonia yang beracun bagi udang.

Pertumbuhan Panjang Udang

Untuk laju pertumbuhan udang terbaik, dihasilkan oleh perlakuan P3. Pemberian pakan dengan persentase 35% dari berat biomassa dinilai cukup efektif dalam meningkatkan laju pertumbuhan udang setiap minggunya.

Kesimpulan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan persentase 35% dari berat bobot biomassa per hari memberikan hasil yang cukup baik dan dinilai ideal bagi pertumbuhan udang vaname.


82 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon