top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Antibiotik Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Udang


Udang termasuk komoditi perairan yang memiliki risiko terserang penyakit pada saat dibudidayakan. Banyak faktor yang menyebabkan udang menjadi rentan terserang oleh penyakit. Mulai dari kondisi lingkungan budidaya tak terjaga kebersihannya hingga daya tahan tubuh udang yang melemah.

Pada banyak kasus, kombinasi antara lingkungan yang tidak terkontrol serta daya tahan tubuh udang melemah mengakibatkan udang sangat gampang terserang oleh penyakit.

Sumber: ekor9.com

Untuk itu, peningkatan daya tahan tubuh sangat diharapkan agar udang bisa bertahan dan sembuh dari penyakit yang menyerangnya. Antibiotik merupakan produk yang biasa digunakan untuk membuat udang sehat kembali. Namun, tidak semua antibiotik baik dan diperbolehkan penggunaannya pada udang. Pasalnya, beberapa antibiotik dapat membuat daging udang tercemar dan tak layak konsumsi.

Erytomicin merupakan produk antibiotik yang baik bagi udang dan diperbolehkan penggunaannya. Banyak petambak menggunakan produk ini untuk mengobati udangnya yang terserang penyakit, seperti White Feces Disease dan White Spot Disese.

Hingga saat ini, Erytromicin dipercaya ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh udang, sehingga dapat bertahan dan melawan penyakit yang menginfeksinya. Hal ini juga menjadi sangat baik bagi petambak karena dapat terhindar dari kerugian.

Baca Juga:

309 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page