top of page
  • Gambar penulisAudri Rianto

Walau Bergizi, 5 Ikan Ini Juga Tidak Baik Dimakan Secara Berlebihan


Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik di dunia. Dengan mengonsumsi ikan setiap harinya diketahui mampu meningkatkan kecerdasan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu, ikan juga mengandung omega-3 yang sangat diperlukan tubuh untuk mengendalikan kolesterol jahat, sehingga menghindarkan kita dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Sumber: selerasa.com

Tapi, ada beberapa jenis ikan yang bergizi namun menjadi tidak baik jika dimakan secara berlebihan. Berikut ini kami ulaskan untuk Anda.

1. Lele

Ikan lele dapat dipelihara dimana saja, namun banyak pembudidaya memberikan lele beragam jenis hormon untuk menunjang pertumbuhannya. Hormon ini diketahui memiliki efek buruk jika dikonsumsi oleh manusia secara berlebihan.

2. Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan ikan jenis laut yang memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh. Seperti pada ikan laut lainnya, ikan kembung juga mengandung merkuri. Kandungan merkuri ini sangat tidak baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara masif dan berlebihan.

3. Tuna

Sama dengan kembung, tuna juga mengandung merkuri dalam dagingnya. Hanya saja, kandungan merkurinya akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan kembung. Hal ini karena ukuran tubuhnya yang lebih besar sehingga memungkinkannya untuk menyerap merkuri lebih banyak.

4. Nila

Ikan nila merupakan ikan air tawar yang mengandung lemak yang cukup tinggi. Bahkan kadar lemak berbahayanya lebih tinggi dari lemak sehat. Mengonsumsinya secara berlebihan tentu akan menyebabkan meningkatnya kolesterol darah.

5. Belut

Belut juga mengandung lemak yang tinggi sehingga memungkinkannya untuk mudah menyerap zat berbahaya yang ada di lingkungannya. Seperti yang kita ketahui, belut banyak dijumpai pada lingkungan berlumpur, seperti sawah dan lainnya. Kondisi lingkungan yang beracun membuat belut juga turut mengandung kadar racun tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa jenis ikan yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek negatif bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

171 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page