• Redaktur: Audri Rianto

Dampak Alkalinitas Tinggi pada Tambak Udang


Alkalinitas merupakan kemampuan penyangga dari ion bikarbonat pada suatu perairan. Fungsi utama dari alkalinitas adalah menjaga agar pH dalam keadaan stabil atau tidak mengalami fluktuasi secara intens.

Pada budidaya udang, alkalinitas sangat diharapkan kestabilannya agar parameter lainnya juga dalam keadaan stabil. Kadar alkalinitas yang baik bagi tambak udang adalah 30-40 mg/l CaCO3. Untuk mengukur kadar alkalinitas dengan akurat, Anda dapat menggunakan Alkalinity Test Kit.

Sumber: worldwildlife.org

Peningkatan alkalinitas pada tambak dapat terjadi karena beberapa faktor. Peningkatan ini tentu memberikan dampak tersendiri bagi tambak udang. Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan akibat dari kenaikan alkalinitas.

Kesadahan Air Meningkat

Alkalinitas yang mengalami peningkatan merangsang terjadinya peningkatan produksi mineral pada air tambak. Kadar mineral yang terlalu tinggi ini menyebabkan meningkatnya kesadahan air. Untuk mengetahui tingkat kesadahan air, petambak memerlukan Hardness Test Kit.

pH Meningkat

Akibat dari meningkatnya kesadahan air, pH juga akan turut mengalami peningkatan. Kadar pH yang meningkat akan menciptakan kondisi basa pada tambak. Kondisi ini bukanlah kondisi yang baik bagi udang, mengingat bahwa udang dapat hidup dengan baik pada pH 6-8, jika lebih dari angka tersebut maka udang akan mengalami pelambatan pertumbuhan. Pengontrolan pH pada tambak dapat dilakukan dengan menggunakan pH meter.

Baca Juga:

#alkalinitaspadatambak #alkalinitastinggitambak

2852 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua