top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

3 Ciri Air yang Mengandung Fe Tinggi


Zat besi (Fe) merupakan senyawa yang dapat ditemukan di seluruh belahan dunia, karena setiap tanah pasti mengandung senyawa ini. Keberadaan senyawa ini tidak bersifat racun, hanya saja jika kadarnya sudah terlalu tinggi, maka akan memberikan efek buruk terutama pada komoditi budidaya perairan.

Pada budidaya udang, tambak akan mengalami kenaikan kadar Fe jika aerasi tidak dilakukan dengan baik. Meningkatnya Fe bersinergi dengan meningkatnya tingkat stres pada udang.

Sumber: kincirair.org

Kadar Fe yang tinggi pada tambak dapat menimbulkan gejala Red Disease atau kelainan pada tubuh udang yang membuatnya mengalami perubahan warna menjadi kemerahan di sekujur tubuhnya.

Kondisi ini menandakan bahwa udang mengalami stres terhadap lingkungannya dan harus segera diberikan penanganan yang tepat. Saat ini, masih banyak petambak yang tidak mengetahui ciri air yang mengandung Fe tinggi. Para petambak kebanyakan mengetahui keberadaan Fe pada tambaknya ketika udang yang ada di tambak mengalami Red Disease.

Untuk itu, pada tulisan kali ini kami ulaskan untuk Anda mengenai beberapa ciri air yang mengandung kadar Fe tinggi.

1. Air Berubah Warna

Perubahan air ini tidak dapat dilihat secara langsung, melainkan harus dilakukan proses pengendapan terlebih dahulu. Untuk menguji apakah tambak Anda mengandung tinggi Fe atau tidak, maka Anda perlu mengendapkannya dengan cara mengambil sampel air pada satu wadah, kemudian endapkan beberapa menit.

Jika air mengalami perubahan warna menjadi kuning kemerahan, maka dapat dipastikan bahwa tambak yang Anda miliki mengandung Fe yang cukup tinggi.

2. Bau yang Menyengat

Air yang mengandung Fe tinggi memiliki bau khas yang kuat dan menyengat. Bau yang ditimbulkan bukanlah bau busuk, melainkan bau dari kombinasi antara besi dan tanah. Jika air pada tambak Anda terindikasi memiliki bau yang dimaksud, maka besar kemungkinan kadar Fe telah mengalami peningkatan.

3. Air Terasa Licin

Tidak seperti air pada umumnya, air tambak yang mengandung Fe tinggi cenderung lebih licin. Anda dapat merasakannya hanya dengan menyentuh air dengan tangan. Jika air dirasa licin, seperti tercampur dengan minyak, maka dapat dipastikan bahwa air tambak Anda telah terkontaminasi oleh Fe.

Baca Juga:

1.288 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page