• Redaktur: Audri Rianto

3 Langkah Menanggulangi Blooming Algae pada Tambak


Pada tulisan sebelumnya, kami sudah memberikan mengenai blooming algae yang terjadi pada tambak udang. Jadi, penyebab utama dari peristiwa blooming algae karena adanya kelebihan nutrien yang ada pada air tambak.

Kelebihan nutrien ini mengakibatkan terjadinya peningkatan populasi fitoplankton pada air tambak secara tak terkendali. Peningkatan populasi fitoplankton ini membuat air berubah warna menjadi hijau pekat.

Sumber: app.jala.tech

Efek yang ditimbulkan dari peristiwa ini adalah air tambak akan kehilangan asupan oksigennya, serta pH air akan menjadi tidak stabil dan cenderung berfluktuasi. Jika tambak Anda terindikasi mengalami blooming algae, maka Anda harus melakukan beberapa langkah di bawah ini.

1. Mengurangi Nutrien

Makna dari mengurangi nutrien ialah mengurangi asupan pakan pada tambak udang. Sudah banyak terjadi pembudidaya selalu memberikan pakan secara berlebihan. Pakan yang tidak termakan ini nantinya akan mengendap di dasar tambak. Endapan tersebut ternyata dapat meningkatkan populasi salah satu jenis fitoplankton yang akhirnya terjadi blooming algae.

Untuk itu, lakukan pengurangan pemberian pakan hingga fitoplankton mulai berkurang pada tambak. Pemberian pakan dapat dilakukan hanya satu kali per hari hingga tambak benar-benar kembali pada kondisi semula.

2. Melakukan Aerasi

Air yang tidak dilakukan aerasi atau aerasi sempat terhenti juga menjadi faktor pemicu membludaknya populasi fitoplankton pada tambak. Untuk itu, pastikan bahwa kincir air dapat bekerja terus-menerus hingga fitoplankton dapat berkurang. Gunakanlah kincir air yang teruji ketahanannya, seperti Kincir Air Tambak Olympia.

3. Menaikkan Salinitas

Beberapa jenis fitoplankton diketahui tidak tahan terhadap salinitas tinggi. Untuk itu, dengan menaikkan salinitas sedikit saja akan memberikan dampak positif dalam pengurangan populasi fitoplankton penyebab blooming algae.

Baca Juga:

#mengurangialgapadatambak #mengatasibloomingalgaeditambak

638 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon