top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Dumbo Octopus, Gurita Unik yang Mirip dengan Karakter Disney


Beberapa bulan lalu, Disney merilis film terbarunya yang berjudul Dumbo. Karakter Dumbo digambarkan sebagai gajah dengan telinga yang besar yang dapat digunakannya untuk terbang.

Meski gajah yang dapat terbang menggunakan telinganya merupakan karakter fiksi belaka,namun tidak berlaku di dunia bawah laut. Lautan memiliki hewan yang cukup mirip dengan karakter Dumbo. Hewan yang dimaksud adalah Dumbo Octopus atau Gurita Dumbo.

Sumber: idntimes.com

Pemberian nama dari hewan ini diketahui memang terinspirasi dari karakter disney tersebut. Hal yang membuatnya dijuluki sebagai Dumbo Octopus ialah karena gurita yang satu ini memiliki sirip mirip telinga yang sangat lebar layaknya telinga gajah Dumbo.

Kedua siripnya tersebut digunakan untuk membantunya berenang di dalam air, sehingga ia terlihat seakan-akan terbang menggunakan kedua sirip tersebut.

Hewan dengan nama ilmiah Grimpoteuthis ini hidup di laut dengan kedalaman 3.000 hingga 4.000 meter di bawah permukaan laut, artinya habitat dari hewan ini sangatlah sulit untuk dijangkau oleh manusia.

Tidak hanya siripnya yang unik, gurita ini juga bisa mengepakkan tentakelnya. Pada saat tentakel-tentakelnya terbuka, gurita dumbo ini malah menjadi terlihat seperti payung.

Dengan adanya temuan Dumbo Octopus ini, kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat banyak makhluk unik yang hidup di dasar laut. Sudah sepatutnya, kita sebagai manusia untuk melestarikan dan melindunginya.

Baca Juga:

239 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page