top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Tingkatkan Imunitas Udang dengan Ascorbic Acid


Usaha budidaya udang merupakan jenis usaha yang sangat menggiurkan saat ini. Hal ini karena udang merupakan komoditi yang paling dicari di pasaran. Peminatnya yang banyak membuat udang memiliki harga yang cukup tinggi.

Dalam usaha budidaya udang, imunitas udang penting untuk diperhatikan karena imunitas memiliki peran dalam melindungi udang dari infeksi virus dan bakteri. Banyak beragam jenis suplemen untuk udang yang berfungsi sebagai peningkat imunitas, namun yang memiliki izin serta aman untuk digunakan ialah Ascorbic Acid.

Sumber: eyeonspain.com

Asorbic Acid merupakan vitamin C berbentuk bubuk yang berfungsi sebagai perangsang imunitas udang dan ikan, sehingga menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit. Beberapa manfaat dari Asorbic Acid antara lain adalah:

Mengatasi Stres

Perubahan lingkungan tumbuh udang dan ikan dapat menyebabkan komoditi stres yang berujung pada kematian. Vitamin c diketahui dapat mengurangi efek stres sehingga udang dan ikan dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya dengan optimal.

Mengoptimalkan Suhu Air

Fluktuasi suhu air pada tambak maupun kolam dapat terjadi kapan saja. Pemberian Ascorbic Acid diketahui dapat mencegah terjadinya fluktuasi suhu, sehingga suhu akan cenderung optimal.

Penyembuhan

Apabila udang atau ikan mengalami luka, maka vitamin c merupakan solusi yang tepat untuk mengobatinya. Ascorbic Acid memiliki efek penyembuhan pada luka udang maupun ikan karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Pemakaian Ascorbic Acid cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan Ascorbic Acid pada 1 kg pakan yang selanjutnya dapat diberikan langsung kepada udang maupun ikan.

Baca Juga:

217 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page