top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Coffinfish, Ikan yang Gemar Tahan Napas di Dalam Air


Semua makhluk hidup pasti memerlukan oksigen, tak terkecuali ikan. pada umumnya, ikan akan menyerap oksigen yang terlarut dalam air melalui insangnya untuk memperhatankan kehidupannya.

Berbeda dengan ikan satu ini, yang diketahui gemar sekali menahan napas saat berada di air. Ikan yang hidup di kedalaman 1.800 meter ini berbeda dengan ikan lain di habitat yang sama, karena pada dasarnya ikan di laut dalam juga membutuhkan oksigen.

Sumber: nespmarine.edu.au

Ikan tersebut bernama Coffinfish (Chaunax endeavouri) dan pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan yang tergabung dalam National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Alasan NOAA menyebutkan ikan ini kerap menahan napas di air ialah saat ditemukan terekam berenang secara berkelompok, ikan ini terlihat menahan air di ruang insangnya dan tanpa menghirup maupun menghembuskan napas sama sekali. Proses menahan napas ini juga dilakukan cukup lama, yaitu sekitar 4 sampai 5 menit.

Untuk membuktikan bahwa dugaan mereka itu benar, para ilmuwan kemudian melakukan CT Scan dan ditemukan bahwa ruang insang dari Coffinfish ini cukup besar, sehingga memungkinkannya untuk menyimpan air dalam beberapa menit.

Dari temuan tersebut, ilmuwan kemudian membuat dugaan bahwa kebiasaan tersebut dilakukan oleh Coffinfish untuk menghemat energi. Selain itu, menahan napas juga membuat tubuh ikan ini menjadi mengembang layaknya ikan buntal. Dengan ukurannya yang membesar ternyata sukses melindungi dirinya dari serangan pemangsa.

Baca Juga:

211 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page