top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Batang Pisang dapat Mencegah Kematian Benih Lele


Batang pisang terlihat tidak memiliki kegunaan, namun ternyata batang pisang memiliki kegunaan pada budidaya ikan lele. Peternak lele biasanya menggunakan batang pisang untuk mencegah terjadinya ikan lele mati terlalu dini, namun hal tersebut ternyata belum ada pembahasannya secara ilmiah.

Sumber: grid.id

Peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB), Sri Nuryati, melakukan penelitian terkait penggunaan batang pisang yang dicacah terhadap daya hidup ikan lele.

Menurutnya, kematian massal pada benih ikan lele salah satunya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi. Kematian tersebut terjadi pada benih lele yang masih berukuran 5-7 cm, kematian tersebut biasanya berasosiasi dengan infeksi bakteri Aeromonas hydrophila.

Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan fitofarmaka, di antara fitofarmaka yang dapat digunakan ialah batang pisang ambon lumut Musa cavendishii.

Bersama dengan peneliti lainnya, Kukuh Nirmala, Qorie Astria dan Alimuddin. Nuryati mencoba meneliti manfaat dari batang pisang untuk mencegah kematian massal pada benih lele. Penelitian tersebut menemukan bahwa perendaman ikan dengan air perasan batang pisang pada konsentrasi 13 milimeter per liter memiliki kelangsungan hidup yang cukup tinggi.

Mereka juga mengatakan bahwa perendaman benih lele pada air perasan ini dapat meningkatkan sistem imun pada ikan, sehingga ikan akan menjadi lebih kebal terhadap infeksi bakteri.

Baca Juga:

3.120 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page