• Redaktur: Audri Rianto

7 Jenis Ikan Arwana dengan Harga Paling Mahal di Dunia


Salah satu ikan hias terpopuler di Indonesia bahkan di dunia adalah ikan arwana. Ikan dengan nama latin Scieropages formosus ini juga disebut sebagai ikan naga. Sebutan ini muncul dari gerakannya saat berenang yang menyerupai naga terbang.

Dulu, ikan arwana bukanlah ikan peliharaan, melainkan dijadikan sebagai ikan konsumsi. Peralihan fungsi arwana menjadi ikan hias terjadi pada tahun 1967 yang diwacanakan oleh seorang pengusaha akuarium dari Malaysia, yang mulai melihat keindahan dari ikan arwana sehingga membuatnya tertarik untuk menjadikannya sebagai peliharaan.

Tak disangka, budaya tersebut ternyata menjadi semakin dikenal banyak orang dan hingga saat ini tren memelihara ikan arwana tidak pernah surut. Bahkan, saat ini ada beberapa jenis ikan arwana yang memiliki harga paling mahal hingga mencapai ratusan juta rupiah. Berikut ini 7 ikan arwana dengan harga paling mahal di dunia.

1. Arwana Super Platinum

Sumber: ekor9.com

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna tubuh silver keputihan yang terlihat saat elegan dan megah. Ikan arwana jenis ini merupakan ikan arwana air tawar yang diketahui banyak hidup di Sungai Amazon. Walaupun lokasi habitatnya terkenal cukup sulit dijangkau, tetap saja banyak penjual yang berhasil mendapatkannya dan menawarkannya pada pembeli.

2. Arwana Super Red

Sumber: ekor9.com

Ikan arwana jenis ini merupakan arwana endemik yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan kata lain, ikan ini hanya hidup di satu wilayah di Indonesia, tepatnya di Sungai Sentarum dan Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Ikan ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar 10 hingga 50 juta rupiah per ekornya.

Ikan arwana ini tergolong spesial karena sekujur tubuhnya berwarna merah merona. Harganya akan semakin melonjak tergantung ketika ukuran tubuhnya semakin besar serta warnanya semakin cerah.

3. Arwana Golden Red

Sumber: ekor9.com

Selain ikan Arwana Super Red, arwana satu ini juga merupakan ikan arwana asli Indonesia. Arwana Golden Red berasal dari Kabupaten Pekan Baru, Riau. Dari namanya saja, kita bisa mengetahui warna ikan ini yaitu perpaduan antara warna emas dan kemerahan dari ujung kepala hingga ujung ekornya.

Ikan ini juga termasuk jenis yang langka, sehingga harganya juga semakin meningkat. Untuk saat ini, ikan arwana jenis ini dibanderol sekitar 10 sampai 20 juta rupiah per ekor.

4. Arwana Cross Back Golden

Sumber: ekor9.com

Ikan arwana ini berasal dari Malaysia. Sebenarnya spesies ini tidak begitu berbeda dengan ikan Arwana Golden Red. Hanya saja, ikan arwana ini memiliki ciri khusus berupa corak warna dan bentuk tubuhnya yang unik. Ujung kepala hingga ekornya berwarna emas, sedangkan untuk sirip ekornya berwarna merah kehijauan. Harga per ekornya saat ini bisa mencapai 5 sampai 15 juta rupiah.

5. Arwana Banjar Red

Sumber: ekor9.com

Ikan arwana jenis ini juga berasal dari Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Ikan arwana ini memang agak mirip dengan Arwana Super Red, namun corak warnanya terlihat berbeda. Terdapat kombinasi silber dan kuning pada tubuhnya. Harga ikan arwana ini adalah 2 sampai 10 juta rupiah per ekornya.

6. Arwana Golden Pino

Sumber: ekor9.com

Ikan arwana ini diketahui hidup di beberapa negara, yaitu Indonesia, Kamboja, Thailand dan Myanmar. Untuk di Indonesia, sama seperti sebelumnya ikan arwana jenis ini juga hidup di kawasan sungai di Kalimantan. Ciri ikan ini adalah memiliki warna emas kehijauan pada sekujur tubuhnya. Harga per ekornya adalah 3 sampai 8 juta rupiah.

7. Arwana Silver

Sumber: ekor9.com

Ikan arwana ini cukup dikenal oleh masyarakat dan juga banyak orang yang memeliharanya, hal ini karena ikan arwana jenis ini memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan ikan arwana yang telah disebutkan sebelumnya. Estimasi harga ikan arwana jenis ini ialah 2 sampai 4 juta rupiah per ekornya. Arwana jenis ini berasal dari Brazil, dan seperti namanya ikan ini memiliki warna silver dari ujung kepala hingga ujung ekor.

Baca Juga:

#7ikanarwanatermahaldidunia #ikanarwanapalingmahaldiindonesia #ikanarwanatermahaldidunia #jualikanarwanamurah

2052 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon