• Redaktur: Audri Rianto

4 Cara Menurunkan Amonia pada Akuarium


Amonia merupakan senyawa kimia bersifat racun yang dapat masuk kapan saja dalam akuarium. Timbulnya amonia pada akuarium biasanya disebabkan oleh kondisi air yang tidak baik, hal ini biasanya dipicu dari kotoran ikan dan juga endapan pakan yang tak termakan.

Sumber: pertanianku.com

Jika amonia sudah terlanjur ada pada akuarium anda, maka tidak ada cara lain selain menurunkan kadar amonia tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar amonia pada akuarium anda.

1. Siapkan Alat Ukur Amonia

Untuk memastikan bahwa akuarium anda benar-benar mengandung akuarium yang tinggi adalah dengan mengukurnya secara langsung. Amonia Test Kit merupakan alat yang dapat anda gunakan untuk melihat kadar amonia yang ada pada akuarium anda. ISW Group menyediakan Amonia Test Kit lengkap dengan plastik beaker 20 ml, tabung pencocok warna, reagen amonia 20 ml serta reagen Nessler 20 ml.

2. Ganti Air

Setelah mengukur kadar amonia pada akuarium, maka langkah selanjutnya adalah mengganti air pada akuarium dengan air yang baru. Mengganti air merupakan cara teraman untuk menurunkan kadar amonia. Pergantian air dilakukan dengan membuang air dalam akuarium sebanyak 10 sampai 15 persen, kemudian ganti dengan air yang baru. Pergantian air dilakukan selama 2 hingga 3 hari sampai jejak amonia sudah tidak ada lagi di dalam akuarium.

3. Awasi Kondisi Air

Penting untuk melakukan pengawasan terhadap parameter air. Awasi dengan teliti kadar amonia, nitrat, pH dan pastikan agar semua parameter dalam keadaan stabil. Melakukan pengawasan dan pencatatan ini tentu akan membantu anda dalam mendeteksi adanya perubahan pada air, sehingga penanganan akan dapat segera dilakukan.

4. Pasang Filter pada Akuarium

Sistem filtrasi merupakan kunci untuk menurunkan dan mengatur kadar amonia pada akuarium. Filter yang baik akan menetralisir amonia pada air, untuk itu pilihlah filter yang baik dan berkualitas.

Baca Juga:

#menurunkanamoniapadaakuarium

1491 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon